Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus File Sampah di Komputer Window 10

Hapus File Sampah di Win 10

Windows 10 memiliki fitur yang disebut File Explorer yang memungkinkan Anda untuk mengelola file dan folder di komputer Anda. File sampah adalah file yang tidak diinginkan atau tidak terpakai yang terkumpul di komputer Anda seiring Anda menggunakannya.

Menghapus File Sampah di Window 10

Mengapa penting menghapus file sampah? Selain menyimpan ruang penyimpanan yang tidak diperlukan, menghapus file sampah juga dapat mempercepat kinerja komputer Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghapus file sampah di Windows 10:

Menggunakan Recycle Bin

Recycle Bin adalah tempat sementara untuk file yang dihapus dari komputer Anda. Jika Anda ingin menghapus file sampah, Anda dapat mencarinya di Recycle Bin dan menghapusnya dengan mengklik kanan pada file tersebut dan memilih "Delete".

Menggunakan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah alat bawaan Windows yang membantu Anda membersihkan file sampah yang tidak diinginkan dari hard drive komputer Anda. Untuk menggunakannya,

  • Pertama buka Start menu dan ketik "disk cleanup" ke kolom pencarian.
  • Pilih "Disk Cleanup" dari hasil pencarian dan pilih drive yang ingin Anda bersihkan.
  • Klik "OK" dan Disk Cleanup akan menampilkan daftar file yang dapat Anda hapus.
  • Centang file yang ingin Anda hapus dan klik "OK" untuk menghapusnya.

Menggunakan Alat Pembersih Sistem

Ada banyak alat pembersih sistem yang tersedia secara gratis yang dapat membantu Anda membersihkan file sampah dari komputer Anda. Beberapa alat yang populer adalah CCleaner dan Glary Utilities. Unduh salah satu alat ini, instal dan jalankan untuk membersihkan file sampah dari komputer Anda.

Menghapus File Sampah Secara Manual

Anda juga dapat mencari dan menghapus file sampah secara manual dengan menggunakan File Explorer. Buka File Explorer dan cari folder yang mungkin berisi file sampah, seperti "Downloads" atau "Temp". Pilih file yang ingin Anda hapus dan tekan "Delete" pada keyboard Anda atau klik kanan pada file tersebut dan pilih "Delete".


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus file sampah dari komputer Windows 10 Anda dan membebaskan ruang penyimpanan yang tidak diperlukan serta mempercepat kinerja komputer.

Ingatlah untuk selalu menjalankan disk cleanup atau alat pembersih sistem secara berkala untuk memastikan bahwa file sampah tidak terkumpul di komputer Anda.

Selain menghapus file sampah, Anda juga dapat mengurangi jumlah file sampah yang terkumpul dengan mengontrol apa yang diunduh dan diinstall di komputer Anda. Hindari mengunduh aplikasi yang tidak perlu atau yang mungkin mengandung malware.

Selalu membaca ulasan dan persyaratan sebelum mengunduh atau menginstall aplikasi baru untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan berguna bagi Anda.

Jika Anda merasa tidak yakin tentang cara menghapus file sampah dari komputer Anda atau jika Anda khawatir tentang menghapus file yang mungkin penting, sebaiknya jangan mengambil risiko dan bertanyalah kepada ahli atau teknisi komputer untuk bantuan.

Dengan memelihara komputer Anda dari file sampah yang tidak diinginkan, Anda dapat memastikan bahwa komputer Anda berfungsi dengan optimal dan terlindungi dari ancaman keamanan.