Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tempat Wisata di Makassar Paling Terkenal yang Harus Dikunjungi

Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota terbesar di wilayah Indonesia Timur, dan pusat perkotaan terbesar kelima di negara setelah Jakarta, Surabaya, Bandung. dan Medan.  Kota yang terletak dipesisir Barat Daya Pulau Sulawesi ini menghadap ke Selat Makassar. Makassar tidak hanya menjadi pintu gerbang Indonesia timur, tetapi juga menjadi salah satu kota dengan tempat wisata yang sangat banyak. Berikut ini adalah tempat 9 wisata yang wajib kamu kunjungi di kota Makassar.

9 Tempat Wisata di Makassar Paling Terkenal yang Harus Dikunjungi

1. Fort Rotterdam

Gambar: swiss-belhotel.com

Ke Makassar kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Fort Rotterdam. Ini adalah nama dari sebuah benteng peninggalan Belanda dulu. Jangan bayangkan benteng yang hanya sekedar tembok panjang, karena Fort Rotterdam ini terdiri juga dari bangunan yang tertata dengan Apik. Belum lagi gaya arsitektur setiap bangunannya yang akan mampu membawa kamu jauh mundur ke masa dulu. Selain dikenal sebagai benteng Fort Rotterdam, tempat wisata ini juga dikenal sebagai benteng ujung pandang atau benteng penyu. Karena bentuknya memang mirip dengan penyu. Alamatnya di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

2. Pulau  Lanjukang

Gambar: baaca.id

Makassar juga punya pulau yang memukai, pulau lanjukang yang kecil dan cantik. Pulau yang berada di Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar ini, luasnya hanya 6 hektar saja, dan ini masih sangat terjaga keasriannya. Air laut yang jernih kebiruan dan pasir putih lembut siap menyambut setiap pengunjungnya. Perlu kamu tahu, pulau ini masuk ke jajaran kepulauan spermonde games, dan merupakan pulau dengan pantai terindah dari semua pulau yang masuk ke jajaran kepulauan spermonde. Selain menikmati keindahannya, kamu juga bisa berenang dan menyelam di pantai pulau ini.

3. Pantai Akkarena

Gambar: instagram.com/pantaiakkarena

Pantai Akkarena juga menjadi salah satu pantai yang punya keindahan yang tak kalah dengan Pantai Losari yang merupakan salah satu ikon wisata pantai Makassar. Di pantai ini, kamu bisa menikmati banyak kuliner yang tersedia. Di pantai ini, kamu juga bisa berkesempatan menikmati live music yang biasa diadakan rutin. Keindahan dari matahari terbit di pantai ini sudah di akui oleh banyak orang. Kamu juga bisa membuktikan keindahannya dengan datang ke pantai ini di Jl. Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Kec. Tarena late, Kota Makasar.

4. Taman Macan

Gambar: celebes.co

Taman Macan ini adalah salah satu taman yang punya kisah kepahlawanan dibaliknya, Sob! Terletak di Jl. Sultan Hasanudin, Bulogading, Kec. Ujungpandang, kota Makasar. Patung macan di taman ini merupakan icon dari perjuangan para pemuda Makassar melawan penjajahan Belanda pada zaman dulu. Kisahnya bisa kamu baca sendiri di Tugu patung tersebut. Taman dengan bentuk segitiga ini, biasanya dijadikan sebagai tempat bagi pengunjung untuk bermain bersama teman atau keluarga. Banyak juga yang menjadikannya spot untuk berolahraga, atau sekedar duduk-duduk santai.

5. Museum Kota Makassar

Gambar: celebesmedia.id

Satu lagi tempat wisata untuk belajar sejarah Makassar dengan mengunjungi museum yang berada di Jl. Balai Kota, Kec. Ujungpandang, Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Kamu bisa mengetahui sejarah Makassar dari zaman ke zaman. Bangunan museum ini sendiri telah didirikan sejak tahun 1916 pada waktu itu bangunan ini difungsikan sebagai kantor balaikota yang kemudian dijadikan museum oleh Amiruddin Maula seorang Walikota Makassar yang menjabat pada waktu itu. Di dalam Museum ini tersimpan banyak peninggalan penting Makassar yang bisa kamu lihat dan pelajari.

6. Vihara Girinaga

Gambar: travelingyuk.com

Vihara yang megah ini berada di Jalan G. Salahutu II No.11, Mardekaya Utara, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk teman-teman beragama Buddha selain beribadah, kamu juga bisa datang ke Vihara ini untuk melihat kemegahan dan keindahan dari Vihara ini. Untuk teman-teman non Buddha, kamu juga bisa melihat keindahan arsitektur Vihara ini. Perlu diketahui nama Vihara ini pemberian dari biksu pertama di Indonesia, setelah kemerdekaan dulu.

Ingat ya, jika berkunjung ke tempat ibadah manapun, kita harus selalu menjaga ketertiban di sana.

7. Makam Pangeran Diponegoro

Yang mencari tempat wisata religi dan juga wisata sejarah di Makassar, kamu bisa berkunjung ke makam Pangeran Diponegoro ini. Sebelum berkunjung, ada baiknya kamu untuk mengetahui sejarah atau setidaknya tahu kisah perjuangan Pangeran Diponegoro. Makam Pangeran Diponegoro ini berada di Jl. Diponegoro Melayu, Kec. Makasar, Kota Makasar, Sulawesi Selatan.

8. Hutan Mangrove Lantebung

Gambar: medcom.id

Ekowisata Mangrove yang ada di Jl. Lantebung Bira, Kec. Tamalanrea, Kota Makasar, Sulawesi Selatan ini menyimpan keindahan hutan yang sayang untuk dilewatkan. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata favorit wisatawan lokal dan juga luar. Pasalnya, selain kesejukan khas hutan mangrove, pengunjung juga bisa berfoto di spot-spot cantik berwarna-warni yang dibuat oleh pengelola. Untuk mencapai hutan ini dari Jalan Utama ada perjalanan lain yang harus kamu tempuh, dan itu hanya bisa diselesaikan oleh dua kaki kamu sendiri.

9. Masjid 99 Kubah

Gambar: Pegipegi.com

Masjid ini berada di Jl. Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Meski belum resmi dibuka, sudah banyak sekali wisatawan yang mengunjungi masjid ini. Meski para pengunjung belum dapat melihat keindahan dalam masjid dan menggunakannya untuk beribadah, pengunjung sudah bisa melihat keindahan bagian luar masjid ini dari dekat. Pasalnya, bagian sekitar masjid sudah rampung dikerjakan. Jadi, pengunjung bisa bertamasya di sekitar masjid dengan pemandangan masjid yang cerah dan anjungan Pantai Losari yang cantik.

Demikian, itulah beberapa tempat wisata di Makassar paling populer yang wajib kamu kunjungi. Jangan lupa di share ya, biar teman-teman kamu juga pengen datang kesini.