Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata Tana Toraja Paling Populer dan Hits Dikunjungi

Kabupaten Tana Toraja disingkat Tator adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, dan rumah bagi kelompok etnis Toraja. Kursi pemerintah daerah ini ada di Makale, sedangkan pusat kebudayaan Toraja ada di Rantepao. Dulunya, wilayah Tana Toraja mencakup wilayah yang lebih luas.  Namun, pada tahun 2008 terbagi menjadi dua kabupaten. Dengan berbagai pesonanya, Toraja punya segudang tempat wisata yang wajib kamu sambangi.

1. Agrowisata Pango-pango

Agrowisata Pango-pango, Pesona Kebun di Atas Awan Toraja
Gambar: datawisata.com

Untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata instagramable, coba datang ke Agrowisata Pango-pango. Di tempat wisata ini, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Kamu berkesempatan untuk menikmati sensasi berada di negeri diatas awan. Bukan hanya itu, sunset di Agrowisata Pango-pango ini juga sangat memukau, dan jalan menuju Agrowisata Pango-pango ini juga tak kalah cantiknya dengan spot utamanya. Dijamin, kamu akan betah berlama-lama di tempat wisata yang berada dipasang Kec. Makale Selatan, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

2. Lemo atau Londa

Lemo dan Londa, Destinasi Wisata Pemakaman Khas Toraja
Gambar: tribunnewswiki.com

Tradisi dari  toraja adalah salah satu tradisi yang telah dikenal oleh banyak orang. Salah satunya adalah tradisi khas pemakamannya. Untuk kamu yang belum tahu di Toraja, orang yang sudah meninggal tidak dikuburkan di tanah. Tetapi mereka disimpan di dalam peti yang nantinya akan ditempatkan di tebing-tebing. Semakin tinggi status sosial orang tersebut, semakin tinggi pula penempatannya. Jika ingin melihat ini, silahkan berkunjung ke Lemo atau Londa, alamatnya di Lemo, Kec. Makale Utara, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

3. Air Terjun Kalean

Tana Toraja ternyata juga punya air terjun mempesona yang tidak main-main, air terjun ini punya tujuh tingkat. Air terjun tujuh tingkat ini dikenal juga dengan nama Sarambu Marintang oleh masyarakat daerahnya. Untuk sampai ke air terjun ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 25 km dari pusat Kota Tana Toraja.

Jalan menuju air terjun ini juga sudah bagus. Untuk lokasi pastinya, air terjun ini berada di Simbuang, Kec, Mengkendek, Kab, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

4. Desa Kete Kesu

Desa Kete Kesu ini berada di lemo, Kec. Makale Utara, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Desa ini adalah salah satu desa yang masih menjalankan adat istiadat khas Toraja. Kamu akan bisa melihat peninggalan-peninggalan zaman dahulu yang masih tersimpan dengan baik. Kamu juga berkesempatan untuk melihat keindahan alam di sekitar desa tersebut. Jika mengunjungi Desa ini, kamu harus menghormati dan patuh terhadap semua peraturan disana, ya.

5. Mata Air Tilanga

Gambar: celebes.co

Satu lagi tempat wisata unik dari Tana Toraja yaitu Mata Air Tilanga. Tempat wisata ini telah menjadi salah satu tempat wisata favorit banyak orang untuk melepas penat. Mata air di lama ini juga terkenal dengan kisah legendanya tentang belut atau Mas api yang katanya bisa membawa keberuntungan.

Terlepas dari legendanya, mata air tilanga ini punya pesona yang cukup untuk menarik banyak pengunjung setiap harinya. Air jernih yang menyejukkan yang bisa kamu selami dengan teman-teman dan juga pemandangan alam yang indah. Lokasinya Berada di Sarira, Kec. Makale Utara, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

6. Danau Limbong

Danau Limbong - Wisata Terbaik Di Tanah Toraja
Gambar: ruangmedia.com

Danau Limbong berada di Lembang Limbong mentirotiku, Kec. Rantepao, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Danau ini menjadi salah satu objek foto favorit bagi semua orang. Pasalnya, danau ini punya Piu yang unik dengan tebing-tebing tinggi yang menjapitnya dan juga air danau yang kehijauan. Sempat terlupakan bertahun-tahun lalu, danau Limbong ini kembali eksis di tahun-tahun ini. Untuk datang ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 15 menitan dengan kendaraan roda dua dari Rantepao.

7. Wisata Batutumonga

Batutumonga, Destinasi Wisata Indah di Toraja Utara
Gambar: jelajahtoraja.blogspot.com

Selain Agrowisata Pango-pango, Tana Toraja juga punya tempat wisata lain yang punya negeri di atas awan. Bedanya ini kampong yang ada di atas awan. Untuk sampai ke sini, kamu perlu ke Lereng Gunung Sesean, Kec. Sesean Suloara, Kab, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Setelah sampai ke Lereng Gunung Sesean, kamu masih harus menempuh perjalanan lagi untuk sampai ke objek utamanya. Tetapi itu semua sepadan dengan pemandangan yang akan kamu nikmati nanti. Belum lagi adat-istiadat bisanya yang bisa kamu lihat dan pelajari langsung.

8. Kawasan Wisata Ollon

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Ollon Kab Tana Toraja
Gambar: asokaremadja.com

Tempat wisata yang ada di Ollon Bau, Kec. Bongkar Karade, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini, dikenal luas dengan icon Bukit Teletubbiesnya Tanah Toraja. Sebelum dikenal masyarakat luas dengan pemandangannya yang indah,  kawasan ini dulunya adalah tempat dimana warga sekitar menggembala kambing atau kuda. Meski begitu, kamu masih bisa menemui beberapa pengembala disana. Ketika datang sejenak melihat pemandangan atau mendirikan tenda untuk bermalam memandangi bintang-bintang dengan lebih jelas

9. Kampung Lolai

Harga Tiket Masuk Wisata Kampui Lolai Toraja
Gambar: semangat45.co

Kampung yang terletak di Benteng Mamulu, Kec. Kapala Pitu, Kab. Toraja Utara. Sulawesi Selatan ini, juga punya keindahan luar biasa. Kampung yang berada di atas ketinggian 1300 meter di atas laut ini menyuguhkan pemandangan eksotik dari awan awan yang bergumul. Tempat ini selalu punya banyak pengunjung yang memburu keindahan alam. Jika kamu ingin kesana, disarankan untuk datang pada sore hari. Meskipun kamu bisa datang kapan saja, tapi matahari terbenam disana sangat-sangat cantik.

10. Gumuk Pasir Sumalu

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Sumalu, Sulawesi Selatan
Gambar: dakatour.com

Tempat wisata yang berada di Rantebua Sumalu, Kec. Rantebua, Kab. Toraja Utara, Sulawesi Selatan ini, pertama kali booming pada tahun 2019 kemarin dengan eksotisme yang dimilikinya. Perlu tahu aja, Gumuk Pasir Sumalu ini dulunya dikenal dengan nama Bukit Pa'buyan, atau Gumuk Pasir Toraja. Tempat wisata ini recommended banget untuk kamu yang sedang mencari Spot atau objek foto kece.

Oke Guys, itulah 10 tempat wisata di Toraja paling populer yang wajib dikunjungi. jangan lupa dishare yah, biar temen-temen kamu juga pengen datang kesini.