Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 10 Tempat Objek Wisata di Pekanbaru Yang Lagi Hits

Pekanbaru sebagai ibukota dari provinsi Riau ini memiliki banyak potensi wisata yang cukup beragam dan tentunya sangat recommended untuk tujuan traveling ataupun backpacking para wisatawan.

Selain terkenal akan perkebunan sawit, Provinsi Riau juga terkenal dengan beberapa destinasi wisata yang sangat indah, sob. Tak terkecuali, yaitu Pekanbaru. Walaupun dijuluki dengan kota perdagangan dan jasa di Riau, ada banyak sekali tujuan tempat wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi. Biar gak penasaran, yo langsung aja kita simak.

1. Kawah Biru

Kawah Biru Sungai Pinang Kampar
Gambar: jejakpiknik.com

Kawah Biru belum lama ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Pekanbaru, Riau. Kawasan wisata ini mulai ramai diperbincangkan orang semenjak berita tentang obyek wisata itu viral di sejumlah media sosial seperti Twitter, dan Facebook.

Kawah pada awalnya adalah lokasi bekas aktivitas galian pasir masyarakat daerah itu, sob. Namun seiring berjalannya waktu, lokasi itu berubah menjadi objek wisata. Kawah Biru ini memang tak bisa dibandingkan dengan Kawah Putih yang ada di Bandung.

Namun, dengan bentuknya yang berlembah dan berpasir digenangi air hujan menjadikannya seperti kawah pada umumnya, berpasir putih dan air kebiru-biruan. Pokoknya buat kalian yang main-main ke tempat ini gak bakalan nyesel deh.

2. Sungai Kampar

Destinasi wisata ini ada di Desa Teluk Meranti, Kepulauan Riau. Di sungai itu terdapat Bono yaitu gelombang pasang surut dengan ombak yang mempunyai suara menderu keras. Bono ini mempunyai kecepatan 40 km/jam, sob. Ombak Bono ini menjadi daya tarik wisata Sungai Kampar karena wisata ini sangat cocok bagi kamu yang hobi berselancar. Fenomena bono ini hanya terjadi pada waktu tertentu saja, yaitu saat bulan purnama terjadi setiap tanggal 10-20 dalam perhitungan bulan Melayu, atau pada kisaran sekitar bulan Agustus sampai Desember.

Pada saat bulan kecil atau musim pasang mati, Bono nyaris nggak ada. Jadi, jika ingin merasakan sensasi bermain selancar di Sungai Kampar, pastikan kalau kamu datang kesini saat bulan purnama, ya.

 3. Air terjun Aek Martua

Keunikan yang dimiliki objek wisata Air terjun Aek Martua
Gambar: rokanhulukab.go.id

Air terjun ini memang menjadi salah satu objek wisata unggulan di daerah Riau. Air terjun ini berada di Dusun Huta Padang, Kec. Bangun Purba, Kab. Rokan Hulu, Provinsi Riau. Nama Aek Martua sendiri diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau, yakni suku Batak Mandailing, yang berarti air Bertuah.

Memang sedikit aneh sih, karena bahasa yang digunakan bukanlah bahasa dari suku mayoritas di Riau, yakni suku Melayu. Namun semua itu enggak begitu mengherankan, karena memang warga yang bermukim di dekat air terjun tersebut mayoritas dari suku Batak Mandailing.

Air terjun ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, sob. Yaitu memiliki tiga tingkatan, setiap tingkatan memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 M sampai dengan yang tertinggi mencapai 40 M.

Dengan adanya keunikan dan keistimewaan tersebut, menjadikan banyak wisatawan menyebut air terjun Aek Martua dengan sebutan air terjun tangga seribu. Saat itu pemandangan yang disuguhkan di obyekwisata ini sungguh sangat mengagumkan dan menyegarkan mata, sob. Biaya memasuki air terjun Aek Martua cukup terjangkau juga lagi.

4. Taman Wisata Alam Mayang

Wisata Pekanbaru paling Populer
Gambar: blackxperience.com

Taman rekreasi Alam Mayang menjadi salah satu pusat rekreasi yang memadukan wahana bermain dengan pemandangan alam yang sangat cantik. Terletak di daerah Tenayan Raya, Kota Pekanbaru kawasan seluas 24 hektar tersebut, dibangun pada tahun 1973 dengan memadukan aspek pertanian, perikanan, dan peternakan. Wahana wisata air juga bisa kita temukan di tempat ini seperti kolam renang, tempat pemancingan, dan perahu aiR. Nah, taman rekreasi Alam Mayang buka mulai pukul 8 pagi hingga jam 5 petang. Dan pastinya untuk masuk ke kawasan ini kalian harus membayar tiket.

5. Kebun Binatang Kesang Kulim

Kebun binatang kesang kulim memiliki luas sekitar 10 hektar, dan merupakan tempat wisata Pekanbaru yang banyak dikunjungi oleh keluarga pada saat di akhir pekan. Untuk menuju Kebun Binatang Kesang Kulim dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit Saja dari pusat Kota Pekanbaru, sob.

Nah, kebun binatang ini memiliki banyak jenis binatang yang dapat dikenalkan pada anak-anak, seperti monyet, landak, ular, burung dan masih banyak lagi. Selain mengamati koleksi berbagai jenis binatang, tersedia juga arena untuk bermain anak-anak seperti ayunan, papan seluncur, kolam pancing, dan kolam renang anak. Pokoknya, kalian bakalan seru banget deh kalau misalnya datang ke tempat ini.

6. Riau Fantasi

Harga Tiket Masuk Labersa Pekanbaru Sekarang
Gambar: riaupos.jawapos.com

Objek wisata kebanggaan masyarakat kota Pekanbaru yang juga sering disebut Labersa Waterpark ini merupakan wisata taman air terbesar di pulau Sumatera. Atas dasar itulah destinasi tersebut menjadi primadona wisata khususnya bagi masyarakat Riau dan sekitarnya, sob.

Saat libur tiba, obyek wisata yang satu ini selalu ramai dipenuhi para wisatawan, baik yang berasal dari daerah setempat, maupun yang datang dari luar. Memiliki luas mencapai 6,5 hektar, dan pastinya didukung dengan keamanan yang sangat ketat dalam hal penjagaan kendaraan.

Dengan demikian, tentunya akan membuat pengunjung lebih nyaman selama menikmati liburan di tempat ini pastinya. Secara garis besar, ada dua wahana yang tersedia di area ini, sob. Yaitu berupa wahana air, dan juga taman hiburan. Harga tiket masuk ke Labersa Waterpark tergantung pada hari kunjungan sebenarnya. Tapi yang jelas harganya cukup terjangkau kok.

7. Trans Studio Mini Pekanbaru

Trans Studio Mini kini hadir di Pekanbaru untuk menambah tempat rekreasi keren di kota ini. Sejak membukanya taman bermain ini telah menjadi salah satu tempat rekreasi favorit di Pekanbaru, sob. Karena terletak di Transmart Carefour Pekanbaru, kamu bisa sekaligus bersantap dan berbelanja juga setelah bermain. Bertema Indoor Theme Park, tempat bermain ini cocok banget untuk didatangi setiap hari dalam segala cuaca.

Tersedia juga loh banyak permainan untuk dewasa dan anak-anak. Mulai dari wahana yang menyenangkan dan santai, hingga wahana yang memacu adrenalin, sebut saja Bumper, Mini Train, dan roller coaster raksasa. Untuk mencoba berbagai Wahana, kalian cukup membeli kartu layaknya kalian ingin bermain Timezone. Dan kartu tersebut dapat diisi ulang kembali jika suatu saat nanti kalian mampir lagi ke Trans Studio Mini Pekanbaru. Praktis kali ya.

8. Bukit Kapur Air Hitam

Dinamakan Bukit Kapur Air Hitam bukan berarti air di bukit kapur ini berwarna hitam. Melainkan karena lokasinya yang berada di wilayah Air Hitam, sob. Lokasi ini berada di Jl. Jala Utama, Karya Indah, Kec. Tapung, Kabupaten Kampar. Membuat tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu primadona bagi warga Riau terutama Pekanbaru untuk menghabiskan hari libur mereka.

Karena untuk menuju kesana, para wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 10 km aja dengan lama perjalanan sekitar 20 menit dari pusat Kota Pekanbaru menuju wilayah Air Hitam.

Setelah sampai di area parker kendaraan, para pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan perbukitan kapur yang cantik banget dengan warna putih kemerahan. Terdapat juga beberapa lebah kapur yang seakan semakin mempercantik pemandangan.

Area perbukitan kapur yang cukup gersang dengan panas yang terik seakan tak menjadi penghalang bagi para pengunjung untuk tetap menikmati keindahan di destinasi wisata yang satu ini.

 9. Air terjun batu dinding

Dengan sebagian wilayah berupa pegunungan dan perbukitan membuat provinsi Riau kaya akan obyek wisata alam termasuk wisata Air Terjun, salah satunya adalah air terjun batu dinding. Yang berada di kawasan hutan larangan adat kenegerian Tanjung belit yang terhampar di area seluas 300 hektar. Meski tidak mudah untuk sampai ke lokasi wisata ini, namun air terjun ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih pada musim liburan, sob.

Hanya perlu merogoh kocek yang sangat amat minim, kalian sudah disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang indah dan sangat menyenangkan. Perjalanan yang cukup melelahkan bakal terbayar lunas deh pokoknya. begitu sampai di lokasi air terjun ini sob.  Keindahannya yang masih alami dengan dikelilingi pepohonan hijau yang menyelimuti serta batu-batu kali yang menghiasi kolam alam, dan aliran sungai membuat rasa lelah seketika hilang.

Disaat itu pula, pengunjung akan dapat mengetahui Kenapa air terjun ini dinamakan air terjun batu dinding. Sebenarnya, penamaan tersebut mengacu pada bentuk air terjunnya. Air yang tertua di atas ketinggian tidak berasal dari aliran sungai melainkan keluar dari sela-sela dinding batu.

10. Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar bawah memenangkan kategori objek wisata belanja terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia Api tahun 2017. Gedung pasar ini punya banyak oleh-oleh yang kalian beli jika ke Pekanbaru. Nama pasar bawah diberikan oleh masyarakat Pekanbaru. Karena pasar ini terletak di bagian bawah dekat pinggiran Sungai Siak yang konturnya lebih rendah.

Beragam oleh-oleh dapat dengan mudah dijumpai di Pasar Bawah, sob.  Salah satu contohnya adalah pedagang yang membuka lapak di basement. Anda akan disambut dengan beragam kue tradisional sampai Lapuk durian, dodol durian, keripik cabai, hingga ikan kering. Untuk urusan harga, dijamin gak bakal menjebol kantong dalam-dalam deh.

Tapi asal pandai-pandai menawar juga kantong masih dapat diajak bekerjasama. Diluar area pasar juga menyediakan barang-barang bekas yang berasal dari dalam maupun luar negeri.