Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Tips Mempelajari Segala Sesuatu Lebih Mudah

Belajar sesuatu agar lebih mudah

Agar kamu bisa mempelajari segala sesuatu lebih mudah, zaman modern ini menuntut kita untuk terus belajar, dan mempelajari sesuatu yang baru. Apa kamu setuju?

Tapi pastinya, kamu merasa bingung bagaimanakah cara efektif untuk mempelajari segala sesuatu dengan mudah, maksudku agar mudah dipahami?

1. Mengumpulkan Banyak Informasi

Jika kamu ingin mempelajari hal yang baru, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan dengan mencari informasi tentang hal yang baru yang sebanyak-banyaknya. Carilah informasi yang akurat, detail, dan terpercaya. Pelajari dahulu sampai kamu benar-benar paham, istilahnya kamu harus menguasai teorinya terlebih dahulu. Hal inilah yang akan mendorongmu lebih mudah mengerti dalam mempelajari hal baru.

2. Diskusi Dengan Orang Lain

Untuk lebih mudah, bertanyalah kepada teman-temanmu, atau kerabat dekatmu yang telah berpengalaman dalam hal baru itu. Biasanya bertanya atau melihat prosesnya secara langsung, akan membuatmu dengan mudah mempelajarinya. Tapi ingat ya, jangan hanya bertanya saja, kamu juga harus berdiskusi dengan pakarnya dan bertukar pendapat.

3. Membuat Agenda Kegiatan

Setiap pencapaian tujuan, pastinya ada rencana matang yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Nah, sebelum memulai segala sesuatu, buatlah agendanya agar setiap tahap pembelajaranmu lebih berstruktur dan tertata sehingga tak akan ada yang terlewatkan.

4. Practice 

Ia mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Hal ini, tentu belum cukup ya. Langkah selanjutnya, ialah praktek. Kamu harus mencoba melakukannya, misalnya setelah kamu belajar tentang bahasa Inggris, tentunya kamu harus berlatih dengan berbicara bahasa Inggris, dan carilah lawan bicara yang tentunya mampu berbicara bahasa Inggris juga.

5. Buatlah Tulisan

Kamu bisa menuangkan kreativitasmu dengan mencatat kembali kesimpulan dari apa yang telah kamu pelajari. Dan kamu bisa mengubahnya kedalam sebuah gambar, atau bentuk-bentuk lainnya. Karena, biasanya otak kita akan lebih mudah mengingat dan memahami sesuatu. Jika kita membuatnya dengan kesimpulan sendiri, dan gambar-gambar menarik. Nah, apa kamu setuju dengan pendapatku ini?

6. Pahamilah Terlebih Dahulu

Tapi jangan dihafal ya. Untuk mempelajari segala sesuatu, bacalah terlebih dahulu secara berulang-ulang, dengan begitu kamu akan paham, karena jika kamu menghafal belum tentu kamu bisa memahaminya dengan baik. Hafalanmu juga akan hilang jika kamu tak memahami dengan benar apa yang telah kamu pelajari.

Nah, tipsnya agar lebih mudah, buatlah ringkasan pada kertas lalu tempelkan di dinding kamarmu, di kamar mandi di cermin, di layar komputer, bahkan di handphone-mu. Nah, dengan begitu, kamu tidak akan lupa.

7. Komitmen

Ia memang, ketika kamu mempelajari sesuatu yang baru, pasti kamu akan merasa kesulitan dan lebih rumit, bukan? Hal itu memang benar adanya, namun jika kamu sungguh ingin mempelajari hal tersebut, maka kamu harus berkomitmen, dan bersungguh-sungguh, teruslah mempelajarinya dengan tekun, hingga kamu benar-benar memahami dan berhasil mempelajarinya.

Sebuah komitmen sangatlah dibutuhkan, dan mungkin saja di kemudian hari kamu akan benar-benar expert. Jadi, jangan setengah-setengah ya dalam mempelajari segala sesuatunya.

8. Motivasi

Kamu harus tahu, apa yang akan kamu pelajari, dan kenapa kamu mempelajarinya. Karena, tak semua yang kamu lakukan adalah sebuah keharusan. Namun bisa jadi hal baru yang ingin kamu pelajari dikarenakan dorongan sebuah keinginan yang besar dari dalam dirimu.

Bukan arena keharusan atau kewajiban saja, jadi ketika kamu ingin mempelajari sesuatu, cobalah cari sebuah motivasi agar kamu lebih bersemangat dalam mempelajarinya.

9. Buatlah Jadwal Belajar

Rancanglah Diary aktivitymu, kamu tak harus belajar sampai seharian penuh. Cari waktu terbaikmu, waktu belajar juga harus disesuaikan dengan mood dan kondisimu. Artinya jangan memaksa diri saat belajar, jadi usahakan untuk membuat suasana hatimu bahagia dan tetapkan waktu belajarmu. Lakukan secara continue ya setiap hari.

10.Tempat Belajar

Carilah tempat belajar yang nyaman untukmu. Iya, tentu tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang berbeda-beda. Ada banyak tipe orang cara belajar. Maksudku ada orang yang sangat suka mempelajari segala sesuatu didalam sebuah perpustakaan yang sunyi, membaca di keramaian seperti di cafe. Ada juga yang belajar sambil mendengarkan lagu, seperti dia. Tapi kalau dia, dia lebih suka belajar sendiri dikamarnya, membaca banyak buku, dan menggunakan kacamata atau belajar kelompok juga bisa. Ajaklah teman-temanmu untuk belajar bersama.

Nah, itu dia perbedaan tipe-tipe belajar. Kira-kira tipe belajar seperti apa yang bisa membuatmu merasa nyaman dan bahagia, karena setiap orang punya cara berbeda mempelajari sesuatu.

11. Mencari Inspirasi

Carilah pengalaman baru dengan melakukan traveling, bepergian ke tempat yang belum pernah kamu datangi. Selain mencari pengalaman, aku yakin kamu akan mendapatkan inspirasi baru untuk menambah pengetahuanmu. Jadi jangan segan-segan ya untuk mencoba hal baru.

12. Kesehatan Tubuh dan Otak

Selalu perhatikan kesehatan tubuhmu dan otakmu ya. Iya, untuk mempelajari hal baru, kamu harus kuat dan sehat. Karena jika kamu tak sehat atau kamu sakit, maka akan lebih sulit untuk belajar. Karena itu, kamu bisa rutin berolahraga setiap hari secara teratur.

Dan tentunya, makanlah makanan yang bergizi, seperti mengonsumsi omega 3, ini sangat baik untuk meningkatkan memori otakmu. Sayur-mayur, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, dan jangan lupa minum air putih ya. Dan pastikan kamu tak mengonsumsi yang satu ini, junkfood. Ini tak baik untuk kesehatanmu apalagi buat otakmu.

13. Latihan Otak

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya untuk melatih otakmu seperti bermain game, puzzle, teka-teki silang, bermain catur, tentunya ada banyak permainan yang bisa mengasah otak mu.

14. Tidur Yang Cukup

Agar kamu bisa melakukan semuanya dengan baik, kuncinya tidurlah yang cukup. Faktanya, tidur dapat memperbaiki daya ingatmu, mendorong kreativitas, meningkatkan fokus hingga dapat mencegah depresimu.

Setelah tahu manfaat tidur, apa kamu masih ingin begadang. Dan jangan lupa untuk selalu bangun pagi ya?