Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Tanda Ciri-ciri Bahwa Kamu Sapiosexual Sejati

Ciri-ciri Tanda Orang Sapiosexual

Apa kamu pernah membaca atau mendengar istilah tentang sapiosexual? atau justru ini pertama kalinya kamu mendengar istilah ini. Sekilas sapiosexual sering diartikan dengan orang yang memiliki ketertarikan pada kecerdasan seseorang, dibandingkan hal lain seperti fisik dan juga kepribadian.

Nah, kira-kira seperti apa ya sapiosexual itu? dan apa saja sih ciri-cirinya? yuk simak ulasannya dibawah berikut ini.

Sapiosexual adalah keadaan dimana seseorang mengalami ketertarikan luar biasa kepada lawan jenisnya, karena pencerdasan yang dia miliki. Ketertarikan ini bahkan diketahui dapat juga memicu gairah seksual pada lawan jenisnya. Dibandingkan dengan memperhatikan visual atau fisik seseorang, kamu yang saphiosexual akan lebih mengutamakan kecerdasan sebagai daya tarik utama yang kamu cari. Bahkan hal ini, bisa jadi faktor penentu kenapa seseorang dapat jatuh cinta pada lawan jenisnya.

Nah, jika kebetulan kamu adalah tipe orang yang tertarik pada seseorang karena kecerdasannya, mungkin saja kamu adalah seorang sopiosexual. Masih kurang yakin? coba deh cek 7 tanda-tandanya dibawah ini.

7 Tanda Ciri-ciri Bahwa Kamu Sapiosexual Sejati

1. Kamu suka obrolan berkualitas

Orang yang cenderung sapiosexual kebanyakan bisa dikategorikan memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Kecerdasan yang dimaksudkan bisa jadi kecerdasan emosional, dan juga kecerdasan intelektual, atau salah satunya. Kebanyakan dari mereka, juga lebih menyukai hal-hal yang cenderung berat untuk orang pada umumnya. Kalau kamu kebetulan seorang sapiosexual, kamu akan cukup malas mengobrol untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting, dan memiliki nilai atau hal-hal yang remeh seperti gosip dan lain-lain. Kamu akan lebih suka mengobrol tentang sesuatu yang memiliki nilai dan juga berguna menurut dirimu. Kamu suka membicarakan hal yang menurutmu bisa membuat otakmu terus bekerja, dan mendapatkan banyak informasi baru yang menurutmu sangat menarik. Bertukar pikiran dan siring tentang hal yang kamu suka, atau yang kamu baru tahu membuat dirimu merasa menemukan petualangan baru.

2. Kamu sulit jatuh cinta dan menyukai seseorang

Seorang sapiosexual digambarkan sebagai mereka yang mencari compability yang sangat tinggi saat mencari pasangan. Compability atau kecocokan adalah hal yang sangat utama saat menentukan pasangan. Memiliki pasangan dengan perbedaan akan menyenangkan, tapi bagi sapiosexual terlalu berbeda bisa sangat merepotkan. Beberapa orang yang cenderung sapiosexual, akan sangat lama memutuskan apakah dia akan menyukai seseorang, atau hanya menganggap mereka teman. 

Bagi sapiosexual, mengetahui seberapa baik kecocokan mereka dengan pasangannya adalah hal yang sangat penting. Kamu mungkin sadar bahwa Kaden kamu menyukai seseorang, tapi kamu terkadang menakar dengan hati-hati. Mengapa kamu harus memiliki hubungan yang lebih jauh, atau tidak dengan seorang. Persamaan persepsi pada banyak hal, juga jadi hal yang utama yang mereka pertimbangkan dengan matang.

3. Kamu mementingkan kedekatan intelektual

Saphiosexual seringkali disalahartikan dengan demi sexual, yaitu orientasi yang dicirikan dengan ketertarikan seksual hanya apabila memiliki kedekatan emosional. Pada pribadi sapiosexual, kedekatan emosional bukanlah faktor utama untuk bisa tertarik dengan orang lain secara seksual. Kedekatan tingkat kecerdasanlah yang berperan dalam membangun rasa ketertarikan secara seksual.

Orang dengan orientasi sapiosexual mungkin saja tidak memiliki kedekatan emosional dengan orang lain, meski tertarik secara seksual dengan orang tersebut karena kecerdasan yang dia miliki. 

4. Kamu ahli debat yang terlatih

Orang-orang yang digambarkan sebagai sapiosexual sangat suka berdiskusi panjang lebar tentang banyak hal dengan siapapun. Apakah itu dengan tongan atau dengan orang yang baru dikenalnya. Karena ia terbiasa membicarakan banyak hal dalam suatu kesempatan, kamu pun digambarkan sebagai orang yang mampu berdebat dengan siapapun.

Debat yang dimaksud adalah dengan mengungkapkan pendapat dengan fakta dan data. Sehingga siapapun yang mendengarkan pendapatmu, tidak akan merasa jatuh atau salah, tapi justru memahami jika apa yang kamu sampaikan adalah hal yang terbukti dan bisa dipertanggungjawabkan.

5. Kamu memiliki kecerdasan emosional yang sangat baik

Kamu yang sapiosexual tahu bagaimana mengelola emosimu dengan sangat baik, dan mengendalikannya dalam segala situasi. Kamu bertindak hati-hati dengan emosimu, agar tidak mencolok atau bahkan menyakiti orang disekitarmu.

Dengan ini, kamu pun jadi paham bagaimana menilai orang lain dengan cerdas. Karena memiliki pengendalian lebih baik, kamu pun jadi pandai menilai orang, apakah seseorang itu berusaha memanipulasi dirimu, atau memang benar-benar tulus kepadamu.

Selain itu, rata-rata sapiosexual juga digambarkan dengan orang yang sangat pandai untuk memahami perasaan orang lain, sehingga kamu kecenderungan untuk menjadi pendengar yang sangat baik.

6. Bagimu cerdas itu menarik

Untuk kamu yang memang orang sapiosexual, isi kepala seseorang buatmu adalah hal yang utama. Kecerdasan bagimu adalah hal yang sangat menarik. Saat kamu bertemu orang baru, atau bahkan mencari pasangan, fisik menjadi hal yang kedua yang kamu pertimbangkan setelah isi kepala mereka.

Jadi, saat ada sosok yang cantik atau tampan, tapi isi kepalanya tidak sesuai dengan ekspektasi mu, maka bisa jadi kamu tidak akan tertarik dengan mereka. Hal ini bukan berarti sapiosexual sama sekali tidak mempertimbangkan faktor lain selain kecerdasan dalam memilih pasangan. Hanya saja kalau hal lainnya tidak dijadikan sebagai faktor utama.

7. Kamu suka membuat otakmu terus bekerja

Kamu yang sapiosexual sejati, pasti menyadari bahwa dirimu selalu berusaha mencari hal baru untuk kamu pelajari. Kamu ingin selalu lebih unggul dari orang lain untuk banyak alasan. Sebagai dari sapiosexual juga digambarkan dengan orang yang sangat suka belajar bahasa baru atau melakukan tantangan lainnya. Kamu sangat suka mencari tahu hal baru, bahkan mencobanya walau hanya sekedar untuk memuaskan keingintahuan saja.

Nah, itu dia 7 tanda kalau kamu memang seorang sapiosexual sejati.