Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hologram Paling Nyata yang Ada di Dunia | Sirkus Menggunakan Hologram

Hologram atau holograf adalah sebuah teknik yang dibuat dengan melapiskan muka gelombang kedua pada muka gelombang yang diinginkan. Sehingga menghasilkan sebuah pola interferensi yang direkam pada media fisik.

Hologram paling nyata | Sirkus Menggunakan Hologram
Hologram Gajah. Sumber: flickr.com/Circus Roncalli

Hologram sendiri adalah satu teknologi masa depan yang banyak diidam-idamkan oleh banyak orang, dan ilmu tentang hal ini adalah holografi. Biasanya Hologram adalah rekaman fotografi dari medan cahaya dan bukan gambar yang dibentuk oleh lensa, dan ini digunakan untuk menampilkan gambar 3 dimensi subjek holografik sepenuhnya, yang terlihat tanpa bantuan kacamata khusus atau titik lainnya.

Dari semua teknik hologram yang luar biasa, ada beberapa diantaranya yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya, dan berikut daftar teknologi hologram luar biasa yang tidak pernah dilihat sebelumnya.

Hologram Fisik

Sejauh ini gambar hologram dikenal karena kualitasnya yang sangat halus, dan terlihat seperti hantu. Pada tahun 2015, seorang ilmuwan jepang berhasil menciptakan hologram yang mampu menghasilkan sensasi saat bersentuhan dengan kulit manusia.

Dengan kata lain, gambar hologram tersebut bisa dirasakan secara fisik, diketahui bahwa hal ini diciptakan dari kreasi 3D yang dihasilkan oleh laser Ultra cepat. Sinar tersebut mengudara dengan ion sampai voksel muncul yang merupakan bintik cahaya plasma. Kemudian dengan menggunakan peralatan tambahan, hologram kecil tersebut akan muncul di udara, karena batasan dari teknologi yang ada saat ini gambar hologram tersebut hanya bisa tumbuh seukuran kuku manusia atau lebih kecil dari Itu.

Hebatnya, hologram miniatur ini bisa didorong dan dipindahkan dengan tangan, diketahui bahwa gambar hologram tersebut memiliki tekstur yang aneh, yang oleh para sukarelawan digambarkan sebagai amplas dengan kejutan listrik statis.

Resolusi tinggi pada hologram ini datang dari semburan laser yang cepat yaitu sekitar 200.000 titik per detik. Selain itu, penembakan cepat ini juga membantu dengan interaktivitas, dan membuat hologram tersebut lebih aman untuk disentuh.

Stephen Hawking Tampil Live di Benua Lain

Pada tahun 2015, seorang fisikawan dan kosmolog terkenal bernama Stephen Hawking membuat sejarah untuk sekian kalinya. Diketahui, bahwa ia tampil di atas panggung di Sydney Opera House sebagai hologram. Ini bukan rekaman dan secara fisik, Hawking masih kuliah di Cambridge University di Inggris. Tapi saat dia memberi kuliah, kembarannya yang berbentuk hologram tersebut melayang di udara dan menyampaikan pidatonya secara realtime di Australia.

Para penonton di Sydney Opera House menikmati pertemuan tatap muka yang tidak biasa tersebut. Mereka mendengarkan Hawking membahas hidupnya, bagaimana penyakitnya hampir mengalahkannya, tetapi kemudian memberinya keberanian dan kebebasan untuk mengejar mimpinya.

Selain itu, Fisikawan tersebut juga menjelaskan, bagaimana teknologi mempersatukan umat manusia. Bekerja bersama dengan Sydney Opera House, para ahli dari Universitas New South Wales, Says dan DV telepresence holografik lifestyles berhasil mengirimkan Hawking ke Australia.

Diketahui, bahwa penampilannya di atas panggung adalah yang pertama bagi fisikawan tersebut. Selain itu, acara ini juga merupakan pertama kalinya bagi Sydney Opera House dalam menyambut tamu holografik secara langsung.

Seekor Singa Terbakar

Pada tahun 2019 yang lalu, sebuah klub sepakbola Argentina bernama Estudiantes de La Plata merayakan malam yang sangat istimewa. Diketahui bahwa klub tersebut berusia 114 tahun, dan tahun itu mereka kembali ke tanah air. Untuk menandai kepulangannya, Estudiantes mentraktir para penggemarnya dengan pertunjukan yang memukau.

Diketahui, bahwa pertunjukan tersebut dinyatakan sebagai salah satu yang terbaik yang pernah dipentaskan di dalam stadion sepakbola. Pertunjukan tersebut menampilkan pertunjukkan yang hanya memiliki satu bintang, yaitu sebuah hologram singa jantan.

Namun makhluk buas tersebut, terbuat dari api dan berdiri beberapa di atas stadion sepakbola, yang membuat binatang ini begitu sangat menakjubkan adalah realitas gerakannya. Diketahui, bahwa kucing besar itu berkeliaran di sepanjang bagian atas stadion dan melompat ke tengah lapangan. Selain itu, singa jantan yang berapi-api itu bahkan mengaum kearah kerumunan para penonton.

Percakapan Fengan Orang yang Selamat Dari Tragedi Holocaust

Pada tahun 2017, sebuah penghargaan luar biasa diberikan untuk memperingati para korban Holocaust di sebuah museum yang dibuka untuk umum. Diketahui, bahwa penghargaan tersebut adalah sebuah hologram yang memperlihatkan para korban yang selamat. Pengunjung museum Holocaust dan pusat pendidikan illinois dapat berbicara dengan 13 orang yang selamat dari Holocaust.

Diketahui, bahwa kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang hampir semuanya kehilangan seluruh keluarga mereka, atau mengalami hal-hal mengerikan di dalam camp pemusnahan tersebut. Para korban selamat yang tampil dalam hologram tidak ada di sana secara langsung. Sebaliknya para penonton hanya diperkenalkan dengan hologram mereka. Yang lebih luar biasa dari hologram ini adalah mereka dapat berinteraksi, mengajukan pertanyaan, dan menerima jawaban secara real-time.

Diketahui, bahwa setiap korban diwawancarai untuk menjawab 2000 pertanyaan sambil difilmkan oleh 100 kamera dalam video 360°, dan hal ini mampu menghasilkan hologram yang sangat interaktif.

Kapal Hantu

Pada saat Halloween tahun 2019 yang lalu, orang-orang berbondong-bondong datang ke jembatan Benjamin Franklin untuk melihat penampakan yang cukup mengerikan. Diketahui, bahwa penampakan tersebut adalah sebuah kapal hantu yang berlabuh di Race Street Pier.

Namun sayangnya, kapal tersebut bukanlah kapal hantu sebenarnya, melainkan kapal hologram dengan panjang lebih dari 27,5 m, kapal abad ke-18 itu bersinar di malam hari.

Selain itu, kapal hologram yang telah diproyeksikan sedemikian rupa tersebut, terlihat seperti mengapung di sungai delaware. Diketahui, bahwa perusahaan dibalik pemandangan kapal hantu ini dibuat oleh bengkel Studio yang juga menyesuaikan hologram untuk mengubah tampilannya.

Berjalan di Mars

Berkat NASA dan Microsoft, warga sipil sekarang dapat berjalan-jalan di Planet Mars, dan mereka juga tidak harus terbang ke sana dengan pesawat ulang-alik atau menggunakan pakaian antariksa. Saat ini, para penggemar planet merah dapat berjalan-jalan seperti sedang berada di Mars.

Diketahui, bahwa ini sebenarnya dilakukan di bumi namun dengan menggunakan lenscape planet mars. Pada tahun 2016 yang lalu, ada sebuah pameran holografik di kompleks pengunjung pusat antariksa Kennedy di Florida yang disebut tujuan Mars.

Pameran satu ini disajikan sebagai pengalaman realitas campuran, dan penciptaannya berhasil menggabungkan realitas maya dengan dunia nyata. Kombinasi ini memberi pengunjung gambaran yang meyakinkan tentang keadaan dan kondisi di planet mars.

Diketahui, bahwa ini bukanlah lingkungan mars palsu yang dirancang dengan baik, pameran ini adalah cara terbaik untuk membagi Medan mars dengan publik. Namun hal ini juga memiliki tujuan lain dan para yang menggunakan teknologi tersebut untuk membantu mereka secara intuitif mempelajari geologi dari planet merah.

Batalkan Budidaya Hewan Sirkus

Di zaman dahulu, hiburan terbaik untuk keluarga adalah pertunjukan sirkus, kemudian persaingan sirkus datang dalam bentuk permainan komputer, film, dan merek hiburan lainnya.

Sebuah organisasi ekstremis hak binatang seperti peta dengan gigih mendorong penutupan semua sirkus. Selama bertahun-tahun, mereka telah melontarkan tuduhan kekejaman terhadap pemilik hewan pertunjukan dan kebun binatang.

Selain itu, serangan vokal yang terus-menerus menyebabkan tindakan hewan dilarang di lebih dari 100 kota, kabupaten, dan juga negara bagian. Pada tahun 2018, sirkus Roncali di Jerman menemukan solusi yang berlian untuk memulihkan lagi industri sirkus dan kebun binatan.

Diketahui, bahwa mereka menggunakan semua hewan yang mereka inginkan, dan tidak ada yang mengeluh atas kekerasan. Faktanya orang benar-benar terpesona dengan apa yang mereka tampilkan, berkat 11 proyektor sebuah kebun binatang Roncali secara eksklusif memunculkan hewan-hewan yang bersifat holografik.

Gajah pada bentuk hologram tersebut berukuran seperti aslinya, dan berhasil melakukan berbagai pertunjukan sebelum menghilang.

Selain itu, ada juga kuda-kuda hologram yang berlari kencang mengelilingi ring, dan bahkan ada ikan mas raksasa yang berenang di udara. Berkat penggunaan teknologi yang kreatif ini, sirkus tradisional memiliki peluang untuk bertahan di zaman sekarang.

Tur Kontroversial

Seorang penyanyi bernama Pril sangat membenci gagasan mengenai hologram, bahkan ia bersumpah untuk tidak berteman dengan siapapun yang membuat versi holografik dirinya setelah ia meninggal dunia. Bagi Prince bayangan cermin atau hologram ini adalah setan yang sangat dibencinya. Namun hal itu tidak menghentikan sebuah perusahaan holografik untuk menghidupkan kembali MW House dan Whitney Houston.

Diketahui, bahwa perusahaan holografik tersebut berniat membuat tur konser hologram, namun tur mereka tidak pernah terlaksana, karena banyak perlawanan dari orang yang mencintai bintang atau artis telah almarhum kembali ke panggung. Konser tersebut merupakan perpaduan yang hidup dari seorang artis yang direkam sebelumnya, dan para penari latar yang disiarkan secara live.

Diketahui, bahwa keistimewaan yang ada pada konser tersebut termasuk para bintang yang menghibur banyak tempat pada saat yang sama. Selain itu, para artis hologram ini tidak pernah merasa lelah atau meminta bayaran, namun beberapa orang menolak hal tersebut dan merasa bahwa semuanya tidak wajar dan tidak sopan.