Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Ciplukan yang perlu diketahui

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Kali ini kami akan membahas hal unik dan menarik yang tentunya akan menambah wawasan kalian semua, yakni mengenai manfaat buah ciplukan.

Sebagian besar masyarakat indonesia, pasti tidak asing dengan buah satu ini. Pasalnya buah ini sering dijumpai dibeberapa wilayah indonesia, karena pohonnya mudah tumbuh secara liar.

Namun belakangan keberadaan pohon ciplukan mulai jarang ditemukan, padahal buah mungil ini dijual dengan harga relatif mahal di luar negeri, karena memiliki banyak manfaat.

Kira-kira apa saja ya manfaatnya, berikut beberapa manfaat buah ciplukan yang perlu kamu ketahui.

1. Penyakit Diabetes

Siapa yang mengira, ternyata buah kecil yang satu ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes loh.

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu merebus sekitar 10 gram ciplukan kering dalam 400 ml air.  Biarkan rebusan tersebut selama 10-15 menit, kamu bisa mengaduknya sesekali.

Setelah selesai merebus, kamu tinggal saring airnya, diamkan sampai dingin, barulah diminum. Nah, agar hasilnya maksimal, kamu bisa minum secara rutin yakni dua kali sehari.

2. Mencegah Kerusakan Sel

Sel-sel dalam tubuh kita tentu harus dijaga, kamu harus pintar memilih asupan tubuh dan pola makan yang baik. Jika sel dalam tubuh kita rusak, maka menyebabkan penuaan dini hingga penyakit kronis seperti katarak, kanker dan jantung.

Tapi tahu enggak sih, ternyata buah ciplukan bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas lho. Hal ini dikarenakan buah ciplukan memiliki kandungan fenolik dan antioksidan yang dapat melawan perkembangan sel kanker payudara.

Makanya tidak heran, jika buah ini dianggap sangat bermanfaat dan memiliki harga yang cukup tinggi saat ini. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah ciplukan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena memiliki kansungan vitamin C dan polifenol di dalamnya.

Nah, polifenol sendiri merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melepas sistem kekebalan tubuh tertentu ketika terjadi peradangan. Jadi dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin, tubuhmu akan semakin kuat.

4. Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, buah mungil satu ini cocok untuk dikonsumsi. Karena ciplukan memiliki kalori yang rendah dan memberikan asupan nutrisi harian tubuh tanpa menyumbang lemak jahat. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah ini setiap hari.

5. Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang penting dijaga. Salah satu cara untuk menjaganya yaitu dengan mengkonsumsi buah ciplukan.

Pasalnya, buah ini memiliki kandungan karotenoid yang tinggi untuk mencegah terjadinya katarak, serta memperlambat degenerasi makula.

Jadi engan mengkonsumsi buah ini secara rutin, penglihatanmu akan tetap tajam, meskipun usia terus bertambah. 

6. Kesehatan Ginjal

Bukan cuma mata, buah ciplukan juga dikenal bagus untuk kesehatan ginjal. Buah ini bisa dijadikan obat diuretik yang membantu menghilangkan racun, kelebihan garam dan lemak dari sistem limfatik untuk menjaga kinerja ginjal agar tetap optimal.

7. Menjaga Kesegatan Tulang, Kulit dan Jantung

Buah ciplukan juga memiliki kandungan vitamin GA didalamnya, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit. Bahkan kandungan tersebut juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

8. Mengatasi Nyeri

Kalau kamu mengalami nyeri dibagian tubuh yang diakibatkan oleh asam urat, radang sendi, wasir dan nyeri otot, kamu bisa mencoba mengkonsumsi buah yang satu ini. Yaps, pasalnya buah ciplukan memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri.

Menurut penelitian juga mengatakan jika ekstrak buah ciplukan bisa mengatasi nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit lupus.

9. Menyembuhkan Penyakit Hipertiroid

Penyakit hipertiroidisme atau hipertiroid adalah penyakit akibat kadar hormon tiroid terlalu tinggi didalam tubuh. Orang yang mengidap penyakit ini, biasanya mengalami pembesaran kelenjar tiroid atau penyakit gondok. Selain itu, berat badan akan menurun drastis. 

Nah, tumbuhan ciplukan dipercaya dapat meredakan Penyakit ini. Caranya dengan mengambil tumbuhan ini dan meminum air rebusannya.

Nah, itulah beberapa manfaat buah ciplukan yang bisa kamu ketahui. Melihat banyaknya manfaat yang diberikan, gak heran jika buah ini memiliki harga yang cukup tinggi. 

Sebenarnya sangat rugi jika kita melewatkan buah ini, namun sayangnya ciplukan sudah mulai langka. Ngomong-ngomong, Apakah di tempat kalian masih ada buah yang satu ini.