Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Fakta Tentang Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia

Fakta Tentang Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia
Foto: Elon Musk

Apakah sobat tahu dengan sosok Elon Musk?

Ya, pasalnya pendiri Tesla Motors tersebut seringkali masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia. Ia mempunyai banyak hal menarik dalam hidupnya, bahkan ia sendiri menjadi inspirator bagi anak-anak muda dalam mencapai kesuksesan.

Tentu saja apa yang Elon Musk dapatkan saat ini, merupakan buah dari usaha dan perjuangannya sejak ia kecil. Pasalnya, diketahui kisah hidup Elon tidak berjalan mulus begitu saja.

Ia merupakan seorang imigran yang pernah mengalami perundungan. Sosoknya saat ini menjadi inspirator banyak orang. Banyak kisah dalam hidupnya yang memotivasi dan menginspirasi. Apakah kamu juga tertarik untuk mendengarkan kisah miliarder satu ini.

Kalau begitu simak ceritanya sampai habis ya, karena kami akan merangkum fakta menarik Elon Musk salah satu orang terkaya di dunia.

1. Kekayaan 2600 triliun

Elon Musk dan Jeff bezos sipemilik perusahaan Amazon, silih berganti menempati urutan nomor satu orang terkaya di dunia. Saat ini, Elon Musk memiliki kekayaan sekitar 2682 triliun rupiah, harta kekayaan sebanyak ini ia dapatkan dari perusahaan mobil listrik Tesla dan perusahaan SpaceX yang merupakan perusahaan penerbangan antariksa yang ia punya.

2. Bitcoin 21 triliun

Belakangan Elon Musk membuat heboh dunia dan juga para trader dan investor mata uang digital, yakni Bitcoin.

Bagaimana tidak, ia dan perusahaan miliknya memborong Bitcoin dengan dana yang tidak tanggung-tanggung, yakni 21 triliun. tak khayal aksi borong nya ini, membuat harga Bitcoin melonjak tajam hingga mencapai 800 juta lebih untuk satu keping Bitcoin. Kenaikan ini membuat Bitcoin mencetak rekor harga tertinggi sepanjang sejarah. Mematahkan rekor tahun 2017 yaitu sekitar 300 juta perkeping.

3. Lahir di Afrika

Meski terkenal sebagai pengusaha sukses dari Amerika Serikat, namun nyatanya Elon Musk lahir di Afrika Selatan, tepatnya pada 28 juni 1971 di Pretoria. Pasalnya, ayah dan ibunya merupakan orang Amerika yang menjadi imigrand di Afrika. Selama 17 tahun tinggal di Afrika, ia pun pindah ke Kanada. Uniknya, ia jadi memiliki tiga kewarganegaraan sekaligus yakni Afrika, Amerika dan Kanada.

4. Suka Membaca

Selain jago coding, Elon Musk juga dikenal suka membaca buku. Bahkan di usia 9 tahun, ia sudah membaca seluruh ensiklopedia. Ia juga membaca komik, novel dan buku non-fiksi lainnya. Hampir 10 jam setiap harinya ia habiskan untuk membaca buku. Karena kegemarannya membaca buku, membuat ia dikenal sebagai sosok yang pendiam dan jarang berbicara. Padahal dalam pikirannya ia sering membayangkan beragam inovasi.

5. Kehidupan Setelah SMA

Setelah lulus SMA, Elon Musk memutuskan dirinya untuk pindah ke Amerika Serikat namun ayahnya melarangnya. Meski begitu, ia berhasil mendapatkan paspor kanada di tahun 1989 berkat bantuan ibunya yang juga berkewarganegaraan Kanada.

kehidupannya setelah SMA dapat dikatakan sebagai langkah awal dalam mempelajari banyak hal. Di Amerika, Elon melanjutkan pendidikannya di Universitas of Pennsylvania jurusan ekonomi dan fisika.

Dan pada tahun 1997, ia berhasil menyandang gelar Bachelor of arts atau BIE dan Basalero of Science atau BS. Di tahun 1995, Elon sempat diterima di Stanford University, namun ia menolaknya dan memulai karirnya sebagai Enterpreneur.

6. Awal Kesuksesan

Perjalanan karir Elon Musk dimulai bersama adiknya bernama Kimball Mask serta Gregory yang membangun usaha Zip2 dengan modal sebesar 28000 US Dollar atau sekitar 384 juta rupiah. Modal tersebut didapatkan dari hasil magang di perusahaan di Silicon Valley selama dua tahun.

Zip2 pun menjadi usaha yang sukses dan pada tahun 1999 diakuisisi oleh COMPAQ dengan nilai 307 juta US Dollar atau sekitar 4322 milyar rupiah. Elon sendiri mendapat 22 juta US dolar atau sekitar 309 milyar rupiah.

Tak berhenti sampai disitu, Elon kembali mendirikan perusahaan Financial Virtual yaitu ex.com, dan setelah berjalan satu tahun perusahaannya mengakuisisi Paypal.

Dan di tahun 2002, eBay kembali mengakuisisi Paypal dengan nilai 1,5 milyar US Dollar atau sekitar 21 Triliun Rupiah.

Dari situ Elon yang merupakan pemilik saham terbesar minyak mendapatkan 165 juta US Dollar atau sekitar 2326 milyar rupiah. Uang ia dapatkan kembali diinvestasikan untuk SpaceX, yaitu misi penerbangan murah ke ruang angkasa.

Adapun investasinya yang ia keluarkan sebesar 100 juta US Dollar atau sekitar 1407 milyar rupiah, uangnya dimanfaatkan untuk membuat roket serta melakukan penelitian ke Mars.

Sisa 60 juta US Dolar atau 844 milyar rupiah miliknya, juga diinvestasikan untuk pengembangan mobil listrik Tesla. Kini Elon mencapai keberhasilannya, di mana Tesla menjadi salah satu perusahaan tersukses di dunia.

Keberhasilannya saat ini mengantarkan Elon menjadi orang terkaya di dunia dan harta yang dimilikinya tak jauh berbeda dengan Jeff bezos.


Itulah sederet fakta dan kisah menarik dari Elon Musk yang merupakan orang terkaya di dunia. Dari kisahnya tersebut, mengajarkan kita bahwa kesuksesan tidak didapatkan dengan instan, melainkan perlu kerja keras dan pantang menyerah.