Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Cara Sederhana Untuk Melatih Otak Kita

Ditengah kesibukan atau ketidaksibukkan kita sehari-hari, kadang kita merasa jenuh. Ya kan? Rasa jenuh itu muncul karena mungkin dalam keseharian kita, kita selalu melakukan hal yang sama dan selalu diulang-ulang, akhirnya hidup terasa monoton. Yang kita butuhkan hanyalah mencoba sesuatu yang berbeda.

Lakukan hal ini untuk melatih otak kita
Foto: fotosearch.com

Dan inilah beberapa hal sederhana yang bisa membuat keseruan, melatih otak dan juga mengusir rasa bosan kita.


1. HITUNG LANGKAH PERTAMAMU SETELAH BANGUN TIDUR

Mungkin ini terdengar konyol, tapi patut untuk dicoba. Setelah bangun tidur, biasanya kamu pergi ke mana? Ke dapur atau kekamar mandi.

Coba hitung langkahmu menuju kesana, itu akan segera mengaktifkan otak kamu untuk memanggil memorinya.


2. SIKAT GIGI DENGAN TANGAN NON DOMINAN

Untuk mengusir rasa suntuk di pagi hari, coba kamu sekali-kali sikat gigimu pakai tangan non dominan. Kalau biasanya pakai tangan kanan, coba pakai tangan kiri dan sebaliknya.

Cara ini bisa membuat otak kamu segera aktif untuk melakukan adaptasi kontrol tubuh dan ketika otak kamu aktif, harapannya bisa membuat suntuk mu hilang.


3. MINUM AIR HANGAT DAN JERUK NIPIS SETELAH BANGUN TIDUR

Ketika semalaman kamu tidur dan Indra kamu beristirahat dan pasif, dengan minum air hangat ditambah jeruk nipis setidaknya akan kembali mengaktifkan indera perasa kamu.

Selain itu, minum air hangat dan jeruk nipis setelah bangun tidur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kamu. Vitamin C akan menambah daya imun kamu terhadap penyakit dan jeruk nipis akan menyimbangkan kadar asam basa dalam tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit.


4. COBA TUTUP MATA SAAT MANDI

Setelah kamu menggosok gigi, hal lain yang bisa kamu coba lakukan adalah mandi dengan keadaan menutup mata. Ambil gayung dengan menutup mata, guyur tubuhmu dengan menutup mata, termasuk gosok tubuhmu dengan sabun sambil menutup mata juga.

Hal ini bisa memantik Fungsi Sensori kamu, kamu bisa merasakan permukaan dengan cara yang berbeda. Hal ini juga bisa membantu menajamkan daya ingat kamu.


5. PASANG BARANG SECARA TERBALIK

Kalau kamu sudah biasa melihat jam dinding, foto, hiasan dengan posisi yang normal, mungkin kamu bisa mencoba membalik barang-barang itu untuk melatih otak kamu, agar lebih aktif dalam melakukan problem solving.

Ketika kamu meletakkan sesuatu secara terbalik, otak kanan akan bekerja lebih ekstra untuk memahami bentuk dan warna yang terlihat tidak biasa.


6. ENDUS BAU YANG KAMU SUKAI

Letakkan barang atau sesuatu yang punya bau-bauan yang kamu sukai, setiap bangun tidur kamu bisa mengendus bau barang itu. Hal itu membuat reseptor bau di hidungmu segera aktif dan mengirimkan sinyal ke otak. Otak juga akan segera aktif Untuk menafsirkan bau itu, harapannya dengan aktifnya otak kamu, kamu merasa lebih baik dan lebih semangat.


7. UBAH POSISI TEMPAT

Agar suasana terasa berbeda dan tidak membosankan, mungkin kamu bisa mencoba trik ini, yaitu dengan menukar tempat barang yang sering berinteraksi dengan kamu. Misalnya pindahkan sisir yang tadinya berada di kanan cermin kekiri cermin, pindahkan posisi kompor, posisi almari atau barang-barang kecil seperti posisi remote AC, remote TV, bumbu dapur dan lain sebagainya.

Dengan mengubah posisi beberapa barang, kamu akan mendapatkan suasana dan pengalaman yang berbeda.


8. MULAI PAGI DENGAN JALAN KELILING KOMPLEKS

Cobalah membuka pagi dengan melakukan aktivitas olahraga ringan, dengan cara jalan-jalan keliling sekitar rumah kamu. Hirup udara segar sekaligus menggerakkan badan agar bugar dan sehat.

Berkeliling rumah juga akan memberikan rasa fresh, selain itu juga akan mengeratkan hubungan mu dengan tetangga-tetangga kamu. Karena secara otomatis ketika berjalan keliling sekitar rumah, akan bertemu dengan tetangga-tetangga kamu.


9. BERANGKAT KERJA DENGAN RUTE YANG BERBEDA

Untuk mengusir rasa bosan karena pengalaman yang monoton, kamu bisa mencoba hal kecil yaitu dengan merubah rute tempat kerja kamu. Misalnya jika kamu naik motor ketika pergi bekerja, coba cari jalan yang berbeda. Kamu bisa lewat jalan tikus atau jalan yang pokoknya berbeda.

Selain bisa membuat pengalaman yang fresh, kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang kondisi atau suasana jalan yang mungkin jarang atau belum kamu lalui.


10. BUKA KACA MOBIL

Kalau keseharian kamu berangkat kerja dengan naik mobil pribadi, jika biasanya kamu menutup kaca mobil dan menghidupkan AC, Coba buka kaca mobil kamu. Itu akan mengaktifkan hipokampus, yaitu arena di otak yang memproses ingatan. Dia akan lebih aktif menerjemahkan suara sensasi angin yang menyentuh kulit dan juga bau-bauan sepanjang perjalanan kamu.


11. MENGGAMBAR PETA DENGAN INGATAN

Coba sekali-kali kita melakukan latihan, saat kamu pulang dari mengunjungi tempat yang baru misalnya, coba Gambarkan peta yang ada di ingatanmu. Perluas latihan otak ini dengan sekaligus menggambarkan hal detail, misalnya tentang pohon, gedung yang besar dan lain sebagainya. Hal ini bisa melatih daya ingat kamu.


12. MENGEKSPRESIKAN WAJAH DAN GERAKAN TUBUH

Orang yang bahagia pasti punya ekspresi dan gerakan yang khas. Dia akan tersenyum, kepalanya tegak dan biasanya juga akan mengangkat tangannya secara otomatis, itu ketika orang sedang bahagia.

Sebaliknya orang yang sedang sedih biasanya akan cemberut, kepala akan menunduk kebawah, dan menepuk punggungnya secara otomatis. Jadi perasaan mempengaruhi gerak dan ekspresi tubuh seseorang. Dan ternyata berlaku juga kebalikannya, ternyata perasaan seseorang juga bisa dipengaruhi dengan posisi dan ekspresi tubuh seseorang.

Ketika terasa suntuk dan bosan, coba angkat tangan kamu, tegakkan kepala, coba tersenyum selama 20 detik dan kemudian rasakan bedanya.


13. TEBAK KOIN

Untuk mengaktifkan otak, kamu bisa mencoba memasukkan beberapa koin di sakumu. Biarkan beberapa saat dengan melakukan kegiatan yang lain. Kemudian masukkan tanganmu ke kantong kamu, raba dan perkirakan jumlah uang koin yang ada di kantong kamu.

Dengan sedikit latihan seperti itu, otak kamu akan menjadi aktif, otak akan mengulang memorinya untuk membangun gambaran visual dari Apa yang sedang kamu pegang.


14. MEMBACA BUKU DENGAN CARA YANG BERBEDA

Kalau kamu biasanya membaca buku hanya dengan membaca dalam hati, coba sekarang baca buku dengan cara disuarakan. Ternyata membaca buku dengan cara yang disuarakan, akan melibatkan lebih banyak indera yang bekerja dan itu akan membuat sebuah pengalaman baru.


15. BELI DAN COBA HAL YANG BARU

Perkira belanja di Swalayan langganan kamu, kunjungi setiap lorong, perhatikan sesuatu yang berbeda dan unik yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Jika kamu menemukan sesuatu yang unik atau berbeda, cobalah untuk beli barang itu, mungkin akan memberikan pengalaman yang baru.


16. BERSOSIALISASI

Dan yang terakhir, ini adalah tips yang sangat manjur untuk mengusir rasa bosan kamu, pergilah bersosialisasi dengan cara bertemu dengan orang-orang. Pergilah menikmati kopi bersama teman-teman kamu, sesekali kamu juga perlu ikut acara di lingkungan kamu, entah itu rapat RT atau syukuran tetangga atau yang lainnya. Dengan bersosialisasi dan membangun hubungan dengan orang lain, kamu akan merasa bahagia.


Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengusir rasa bosan sekaligus melatih otak kamu.