Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kelebihan dan Kekurangan Realme C21 | Cek Sebelum Membeli

Di Kuartal pertama 2021 tidak dimanfaatkan produsen untuk mengumumkan smartphone kelas atas saja. Pasalnya, ada juga wajah-wajah baru smartphone kelas entry yang menggoda untuk dibeli. Salah satunya adalah Realme C21 yang diluncurkan bersamaan dengan Realme C25.

Spesifikasi HP Realme C21
Realme C21

Nah, bagi sobat yang tertarik untuk membelinya, alangkah baiknya simak dulu kelebihan dan kekurangan Realme C21 dibawah ini.

KELEBIHAN


1. Desain Baru

Realme C21 hadir dengan dua pilihan warna, yakni cross blue dan cross black, untuk cross blue warna ini masih jarang diterapkan Realme buat produk-produknya.

Karena itu pilihan warna cross blue menyegarkan penampilan smartphone ini. Selain itu desain penutup belakang yang dipakai juga ada penyegaran, motifnya memang masih bergaya geometrik seperti Realme C15.

Namun bentuk motifnya berbeda, penutup belakang Realme C15 dipoles dengan motif segitiga tanpa sudut lancip yang melentang dari atas sampai bawah.

Sedangkan cover polikarbonat Realme C21 digambari luas horizontal yang sisi lancipnya saling bertemu di tengah.

2. Baterai Besar

Tentunya pemakaian Realme C21 bakal awet karena sudah dibekali baterai 5000 mAh, apalagi resolusi layarnya cuma HD+ dan dikombinasikan dengan chipset irit daya MediaTek helio G35. Sebab chip ini sudah didukung oleh Teknologi Hyper Engine.

3. Fitur Reverse Charging

Bagi sobat yang merasa kesulitan menghabiskan baterai pada Realme C21, sobat bisa bersedekah daya ke perangkat lain. Sebab smartphone ini punya kemampuan pengisian balik atau Reverse Charging, Realme pun menyediakan fitur optimasi baterai bernama Super Power Saving Mode. fitur ini penting sekali jika baterai tinggal sedikit.

Realme C21 yang baterainya tinggal 5% masih bisa dipakai 1,5 jam untuk berkirim pesan Whatsapp berkat fitur ini.

4. Jaminan Umur Panjang

Realme C21 adalah salah satu smartphone termurah dengan sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability. Lantas bagaimana sih Realme C21 ini bisa lolos sertifikasi ketahanan dari Q-fire Inline.

Singkatnya smartphone ini telah melewati berbagai tes, diantaranya 10 tes dengan skenario pemakaian sehari-hari, 6 tes ketahanan komponen dan 7 tes dengan skenario lingkungan ekstrim.

Di ukiran lain menilai smartphone ini bisa berumur panjang setidaknya tiga tahun masa pemakaian.

Nah, selain kelebihan-kelebihan tadi, tentunya Realme C21 juga punya beberapa kekurangan yang perlu sobat ketahui sebelum membelinya. Apa sajakah itu.

KEKURANGAN


1. Cipset Kurang Bertenaga

Memang Realme C21 sudah dibekali Chipset Gaming kelas entry milik MediaTek yakni Helio G35, namun sobat harus menurunkan ekspektasi ketika memainkan game di smartphone ini.

Sobat mungkin masih bisa meraih FPS 20-30an saat memainkan game seperti Mobile Legend dan Free Fire. Tetapi saat pertarungan sedang seru-serunya, gambar sesekali akan tersendat yang membuat pergerakan tidak mulus.

Adapun keputusan memilih Helio G35 menjadikan Realme C21 tidak lebih maju ketimbang Realme C15 yang meluncur pada Juli 2020 lalu.

2. Belum Fast Charging

Realme C21 memang sudah dibekali baterai besar, hanya saja mengisi baterai smartphone ini lamanya bukan main. Hal itu lantaran tidak adanya teknologi pengisian daya cepat, daya maksimal yang bisa diantar cuma 10W saja.

Fenomena ini adalah sebuah kemunduran karena sang pendahulu Realme C15 dengan dibekali teknologi pengisian cepat 18W. Secara teori mengisi dengan daya 10W untuk baterai 5000 mAh butuh waktu paling cepat tiga jam-an.

3. Belum USB Type-C

Sayang seribu sayang colokan USB Realme C21 masih berjenis MicroUSB, hal ini membuatnya akan terlihat ketinggalan zaman dengan smartphone smartphone di kelasnya.

Selain itu transfer data microUSB tentu tidak secepat USB type-C dan tidak bisa dibolak-balik. Untuk hal yang terakhir ini sobat harus fokus saat hendak mencolokkan kabel, memaksa mencolokkan kabel secara terbalik bisa menimbulkan kerusakan pada port USB.


Nah, setelah sobat tahu kelebihan dan kekurangan Realme C21, apakah Smartphone ini wort it untuk dimiliki?