7 Kelebihan dan Kekurangan Realme C20 | Cek Sebelum Membeli

Bukan Realme namanya kalau tidak merilis smartphone baru hampir secara rutin setiap bulan. Sejak awal tahun 2021 sudah beragam lini smartphone dihadirkan untuk konsumen. Mulai dari yang punya sensor 108 MP sampai sertifikasi tahan banting.

Spesifikasi Realme C20
Realme C20

Kali ini Realme C20 dihadirkan sebagai opsi termurahnya. Nah, bagi sobat yang tertarik untuk membelinya ada baiknya cari tahu dulu kelebihan dan kekurangannya agar nanti tidak menyesal.

Lalu apa aja sih kelebihan dari Smartphone ini, langsung aja simak pembahasannya.

KELEBIHAN


1. Dibekali Chipset Gaming.

Realme C20 sudah dibekali chipset seri gaming dari MediaTek yakni Helio G35. Chipset tersebut bisa dibilang cukup bertenaga untuk standar zaman sekarang dan pastinya sudah sangat oke di kelas harganya.

Dikelasnya, chip ini juga menjadi yang paling ngebut bahkan digunakan pula di seri-seri yang lebih mahal. Dengan CPU Octa Core dengan clock speed mencapai 2,3 GHz, bermain game di smartphone ini masih bisa diandalkan.

Setidaknya dengan grafis smooth sampai medium kalau untuk PUBG mobile. Asal enggak untuk kompetisi aja dan suhu body-nya juga cukup terjaga. Yang agak sedikit menghambat mungkin ada badah kapasitas ram-nya yang hanya 2GB.

Jadi, sobat harus sedikit bersabar saat akses atau berpindah aplikasi.

2. Baterai Awet

Di harga 1,2 jutaan, Realme C20 ini sudah dilengkapi dengan baterai di-po berkapasitas 5000 mAh yang mana sudah memenuhi standar kebutuhan zaman sekarang.

Realme mengklaim kalau baterai smartphone ini bisa bertahan selama 43 hari dalam mode standby. Sobat juga tak perlu khawatir jika baterai smartphone ini cepat habis, karena sudah ada mode hemat daya yang bisa membuat smartphone bisa terus digunakan seharian.

Dengan mengaktifkan mode ini, baterai yang tersisa 5% bisa dipakai untuk menjalankan youtube selama 77 menit. Dan menariknya lagi, smartphone ini bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain lewat fitur Reverse Charging.

3. Ketahanan Body

Realme C20 punya layar yang berukuran besar, tetapi juga dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya tahan terhadap goresan.

Yha, memang belum tahan terhadap guncangan atau benturan seperti versi-versi Gorilla Glass diatasnya. Akan tetapi dengan menyuguhkan teknologi pelindung layar pada smartphone semurah ini menandakan kalau Realme C20 memang punya value for money yang tinggi.

Selain itu, smartphone ini juga digarap dengan ketahanan body yang baik terhadap cipratan air. Dan telah melalui proses quality control yang begitu panjang. Seperti tes penekanan tombol daya sebanyak 200.000 kali, stabilitas port pengisian 100.000 kali, pengujian cabut dan colok kabel headset 10.000 kali, serta tombol volume 200.000 kali.

4. Tampilan Body Kekinian

Bila kita melihat pada jajaran smartphone murah, umumnya hanya dibekali dengan desain seadanya, tidak seperti Realme C20. Smartphone ini terbuat dari bahan plastik polikarbonat dengan finishing touch berupa glossy, sehingga tampak berkilau jika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Terlihat adanya bila persegi panjang yang menurun dari modul kamera hingga ke bawah menampilkan tulisan Realme. Pihak berusaha menyebut desain body ini dengan istilah geometrix kartosen yang disinyalir sesuai dengan trend masakini.

Sayangnya, hanya tersedia 2 varian warna yakni light blue dengan warna biru laut dan juga er Grey warna keabuan yang agak condong ke warna gelap.

KEKURANGAN


Dibalik beragam kelebihan yang ditawarkan, Realme C20 juga memiliki segelintir kekurangan yang perlu sobat pertimbangkan sebelum membelinya. Apa sajakah itu?

1. Tidak ada Fingerprint

Sayangnya, Realme C20 tidak dibekali sensor sidik jari, baik itu di belakang ataupun disamping. Itulah mengapa body belakangnya terlihat begitu bersih tanpa ada penampakan sensor sidik jari.

Ketiadaan sensor ini sebelumnya terbilang wajar mengingat harganya yang begitu murah. Kalau begitu jika sobat memang mencari smartphone 1 jutaan yang pakai sensor sidik jari, masih ada beberapa pesaing yang menyuguguhkan seperti infinix Smart 4 dan Infinix Smart 5.

2. Kamera Biasa Saja

Dari segi pemotretan memang tak banyak yang bisa diharapkan dari Realme C20. Harganya yang begitu murah membuat Realme harus rela hanya menyematkan konfigurasi single kamera saja, yakni lensa beresolusi 8 MP.

Fitur kameranya juga terdiri dari pemotretan SCR untuk hasil foto dengan kontras dinamis yang tinggi, serta mode panorama. Ada juga model Chroma Boost yang bisa memaksimalkan warna pada foto. Tak lupa bagian depannya juga tersemat lensa beresolusi 5 MP Ai Selfie kamera.

3. Pakai PORT Micro USB

Realme C20 hadir sebagai smartphone yang hanya menggunakan micro SD sebagai port pengisian dayanya. Port ini memang sudah terbilang kuno karena pemakaiannya yang lebih ribet dan tingkat kecepatan transfer data yang kurang baik.

Oke sob, semua kebebasan tadi bisa membantu sobat sebelum membeli Realme C20. Bagi sobat yang mau beli smartphone ini, silahkan klik link pembelian di toko Realme Store dibawah ini.

Harga : Rp 1.299.000

Buy: https://buy.realme.com/id/goods/188

Lebih baru Lebih lama