Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Korupsi Paling Aneh dan Tak Masuk Akal yang Hanya Terjadi di Indonesia

Nampaknya, korupsi masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan di Indonesia. Jangan sampai kejahatan ini, justru menjadi budaya negara kita ya. Pasalnya, korupsi menjadi kejahatan yang sangat kejam, karena memakan hak orang lain dan merugikan negara.

Korupsi Paling Aneh di Dunia
Ilustrasi Korupsi. Sumber: m.kumparan.com

Saking parahnya, kasus korupsi Indonesia, para koruptor bukan hanya mengambil uang berjuta-juta atau bermilyar-milyar milik rakyat saja, tapi untuk hal kecil pun masih dikorupsi.

Kira-kira apa saja ya yang dikorupsi, daripada penasaran yuk simak dibawah ini. Karena kami telah merangkum 6 korupsi paling aneh di Indonesia yang bikin kamu geleng-geleng kepala.

1. Korupsi Anggaran Nasi Kotak

Berapa sih harga nasi kotak? Tapi anehnya, ada lho kasus korupsi anggaran nasi kotak di Batam. Wahh, kok bisa ya? yapz, pasalnya mantan sekretaris dewan atau sekwan DPRD Batam, Asril terbukti melakukan korupsi anggaran nasi kotak hingga mencapai lebih dari 1 milyar rupiah.

Asril sendiri adalah sekwan periode 2016-2019. Setelah ketahuan, ia diberikan hukuman selama 6 tahun penjara, lalu diperberat menjadi 10 tahun penjara oleh pengadilan tinggi atau PT Pekanbaru di atas tuntutan jaksa.

Pasalnya, anggaran dana konsumsi seperti nasi kotak dan snack untuk pimpinan DPRD Kota Batam tahun 2017-2019, dikorupsi hingga negara rugi mencapai miliaran rupiah. Majelis menyatakan korupsi yang dilakukan Asril termasuk kategori tinggi, Asril punya peran paling besar dalam tindak korupsi nasi kotak ini.

2. Korupsi Anggaran Pemeriksaan Kebuntingan Sapi

Korupsi yang bikin geleng-geleng kepala ini terjadi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada tahun 2015-2016. Tersangkanya bernama Indra Prasetyo, kepala seksi pembibitan disnak Kabupaten Jember

Setelah ketahuan korupsi pada tanggal 19 Juni - 8 Juli 2017, akhirnya tersangka ditahan. Tersangka diduga korupsi pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kebuntingan dan asisten teknik reproduksi ternak sapi. Kerugian negara yang diakibatkan dari kasus korupsi ini adalah sebanyak 159 juta rupiah.

3. Korupsi Anggaran Gali dan Tutup Lubang Makam Kuburan

Kasus korupsi yang satu ini enggak kalah kejamnya nih, sobat. Kejadian ini terjadi sudah lumayan lama, sekitar sembilan tahun lalu, tahun 2012.

Khairul darojat mantan kepala suku dinas Pemakaman Jakarta Utara, didakwa korupsi karena memotong anggaran subsidi gali tutup lubang makam. Korupsi ini terjadi sejak April 2010 - September 2011.

Korupsi yang dilakukan Khairul, yaitu dengan memotong 100 ribu honor peregu tukang gali kubur, harusnya tukang gali kubur mendapatkan 300ribu rupiah tiap lubang. Karena dikorupsi, jadi hanya 200ribu rupiah. Khairul juga bersalah karena mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar 610 juta rupiah dalam kurun waktu tersebut.

4. Korupsi Anggaran Pengadaan Alquran

Korupsi pengadaan al-quran, nggak takut dosa tuh? pasalnya korupsi ini menjadi salah satu korupsi terbesar di Kementerian agama pada tahun 2011-2012 lho, sobat.

Bahkan kasusnya juga sangat meledak di masyarakat. Kasus korupsi Alquran ini sudah menyeret Zulkarnaen djabar serta Ahmad jauhar, mantan direktur Urusan Agama Islam.

Pada 30 Mei 2013, majelis hakim pengadilan Tipikor memberi vonis hukuman 15 tahun penjara untuk Zulkarnaen djabar dan 8 tahun penjara untuk Dendy Prasetya. Karena Zulkarnaen dan Dendy terbukti menerima uang dalam proyek pengadaan Alquran sebesar 11,4 09 milyar rupiah, pada 2011 dan 2012.

Ahmad Jauhari juga dijatuhi hukuman 8 tahun penjara, lalu akhirnya diperberat menjadi 10 tahun penjara oleh pengadilan tinggi Jakarta. semoga hukumannya bikin jera deh yaa.

5. Korupsi Dana Izin Lahan Kuburan

Kasus korupsi yang cukup gila ini diungkap KPK pada tahun 2014 di Bogor. Kasus ini menjerat Iyus Djuher mantan ketua DPRD Kabupaten Bogor. Listo Welly pegawai honorer Pemkab Bogor dan fullset pegawai Pemkab Bogor. Sedangkan dari pihak swasta ada Sentot Susilo dan Nana Supriatna sebagai direktur dan direktur operasional PT Garindo Perkasa.

6. Korupsi Sarung

Nah, kalau kasus yang satu ini memang sangat-sangat membingungkan. Pasalnya, Cep Ruhiat Direktur PT Dinar Semesta terbukti melakukan tindak pidana korupsi pengadaan sarung.

Enggak habis pikir ya!

Sarung sarung ini tadinya akan disumbangkan ke panti asuhan, namun Cheap Ruhiyat terbukti melakukan mark up sarung di Depsos sejak 2006-2008. Kasus ini juga menyeret mantan menteri sosial Bachtiar Chamsyah. Korupsi Ini menimbulkan kerugian negara hingga 11,3 milyar rupiah.

Wah nggak main-main ya kerugiannya.


Itulah 6 korupsi paling aneh di Indonesia yang bisa bikin kamu geleng-geleng kepala. Semoga aja para koruptor yang mendapatkan hukuman tersebut jadi Jera dan gak mengulanginya kembali.

Hal ini juga jadi pembelajaran buat kita untuk tidak mengambil hak orang lain sekecil apapun. Ngomong-ngomong apa nih tanggapanmu tentang korupsi ini dan korupsi manakah yang paling aneh?