Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aset Wajib Kamu Miliki Sebagai Investasi Masa Depan

Investasi Aset Masa Depan

Daripada menghambur-hamburkan uang, lebih baik kamu menggunakan uang tersebut untuk investasi. Sebab investasi dapat melakukan kontrol keuangan lebih baik dan lebih bijaksana.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan finansial di masa depan. Dengan berinvestasi, kamu tidak lagi bergantung hanya pada penghasilan bulanan. Banyaknya manfaat investasi membuat banyak orang tertarik melakukannya.

Tahu enggak sih? investasi memiliki berbagai jenis, mulai dari investasi properti, emas dan lainnya.

6 Aset Wajib Kamu Miliki Sebagai Investasi Masa Depan

Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa investasi terbaik yang banyak dipilih orang-orang Indonesia.

1. Rumah

Alasan investasi rumah sangat diminati oleh mereka yang khususnya ada dalam bisnis Properti adalah harga rumah yang sering naik secara signifikan dari tahun ke tahun.

Apalagi kalau ditunjang dengan lokasi rumah yang strategis seperti dekat dengan jalan tol, bandara, mal atau tempat-tempat keramaian lain, sudah pasti rumah ini sangat berharga ya. Semakin lama, harga rumah akan semakin tinggi, jadi pastinya akan semakin menguntungkan untuk Anda berinvestasi rumah.

Selain sebagai investasi, rumah tersebut, juga bisa dijadikan guest house atau disewakan, supaya menjadi pendapatan tambahan.

Nah, kalau kamu punya tabungan banyak, tidak ada salahnya untuk Investasi rumah aja.

2. Tanah

Hampir mirip seperti investasi rumah, investasi tanah juga cenderung naik setiap tahunnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan harga tanah, yaitu inflasi, lokasi tanah dan pembangunan yang terus berjalan sehingga membutuhkan lahan lebih.

Makanya tidak heran, jika banyak orang menginvestasikan uangnya untuk membeli tanah. Resiko kehilangannya juga kecil, karena asalkan Anda memiliki surat kepemilikannya, akan tetap dimiliki Anda.

Jika area tanah cukup luas, dijual secara utuh ataupun perkavling, dengan menjual perkavlink juga dapat membantu meningkatkan keuntungan Anda. Apalagi di masa depan di dekat lokasi tanah Anda ramai pembangunan, sudah pasti harga tanda tersebut dapat naik berkali-kali lipat.

3. Kos-kosan

Punya modal yang besar? maka liriklah usaha kos-kosan. Usaha yang sampai kapanpun tidak akan pernah mati, bahkan semakin dibutuhkan seiring berjalannya waktu terutama di kota perantauan.

Keuntungan yang diperoleh berasal dari uang sewa yang dibayar penyewa kos setiap bulan. Sebelum menikmati keuntungan, Anda bisa membelikan modal terlebih dahulu. Setelah balik modal, uang kos yang diterima setiap bulan bisa diakui sebagai 100% keuntungan. Kalau sudah begini, kamu bisa goyang-goyang kaki saja di rumah dan uangpun datang setiap bulan.

4. Emas

Tidak dapat dipungkiri, kakau emas dari sejak dahulu menjadi simbol kekayaan. Investasi emas juga sudah menjadi kebiasaan banyak orang sejak ratusan tahun lalu.

Emas diminati sebagai investasi karena harganya yang relatif stabil, cukup kuat menahan naik turunnya inflasi dan tentunya mudah dijual. Saat ini juga, investasi emas bisa dijalankan secara online. Penjualannya jadi lebih efektif dan siapapun bisa membelinya.

Investasi emas secara online sekarang bisa dengan mudah dilakukan di marketplace, bahkan bisa dimulai dari nominal Rp5000. Jika berniat pada investasi emas, alangkah baiknya membeli emas batangan dan bukan emas perhiasan, seperti kalung dan cincin.

Ada beberapa produk emas batangan ternama dan terpercaya di Indonesia, diantaranya UBS GOLD, KING HALIM, HWT dan ANTAM. Dan produk-produk ini telah memiliki gerai-gerai resmi hampir di seluruh Indonesia.

5. Koin Digital

Beberapa tahun lalu, mata uang digital seperti Bitcoin tidak begitu diminati, terlebih lagi bagi orang-orang di Indonesia. Tercatat pada tahun 2015 harga satu Bitcoin hanya dikisaran 2-3 juta saja.

Namun siapa sangka, saat ini tahun 2021 harganya bisa naik berkali-kali lipat menjadi di atas 800 juta untuk satu koinnya. Tak heran, saat ini orang beramai-ramai melirik Bitcoin sebagai media investasi.

Diprediksi, di masa depan harga Bitcoin akan terus naik hingga mencapai miliaran rupiah. Hal ini disebabkan karena pasokan Bitcoin yang terbatas, jika semua Bitcoin sudah habis ditambang dan supplynya yang beredar sudah maksimal, maka sudah dipastikan harga Bitcoin akan terbang ke bulan.

Tapi untuk diketahui, mata uang digital tidak hanya Bitcoin saja lho. Ada ribuan jenis koin digital saat ini, bahkan sebagian besar masih sangat murah dibanding Bitcoin.

Dan Anda bisa melihatnya di coinmarketcap.com untuk memulai investasi koin digital, kamu bisa mendapatkannya di beberapa market crypto terpercaya seperti Binance, Tokocrypto, Indodax, Huobi, Kucoin, gate.io, probit dan masih banyak lagi.

Namun, uang yang digunakan jangan uang dapur ya. Meski memiliki potensi cuman ratusan bahkan ribuan persen, dunia crypto sangatlah fluktuatif. Harganya bisa saja sewaktu-waktu naik tinggi dan juga bisa turun dengan sangat drastis. Intinya pahami terlebih dahulu sebelum masuk untuk investasi.

6. Deposito

Investasi deposito ini cocok dilakukan buat kamu yang masih menduduki bangku kuliah. Deposito adalah salah satu jenis simpanan investasi sederhana dari bank yang menjanjikan suku bunga tetap.

Investasi ini memiliki jangka waktu tertentu. Investasi ini diminati mahasiswa, karena resikonya yang rendah, stabil dan cocok bagi pemula dalam dunia investasi.

Keuntungan lainnya adalah bebas dari administrasi bulanan, bunga tetap dan lebih besar dari suku bunga tabungan biasa. Prosesnya yang mudah, aman dan jangka waktu yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan Anda

Itulah bentuk investasi terbaik yang bisa kamu coba, pilihlah investasi yang kamu kuasai dan sesuaikan dengan kondisi finansial. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk berinvestasi dalam jumlah yang besar, namun tidak memiliki uang.