Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Inspiratif Pendiri KFC | Sejarah KFC

Kisah Pendiri Makanan KFC

Hampir semua orang sukses, pernah mengalami kegagalan. Mungkin bukan cuma pernah, melainkan sahabat dari kegagalan itu. Begitulah yang dirasakan oleh Kolonel Sanders, pendiri KFC, yang resepnya dulu ditolak oleh 1008 restoran.

Kolonel Sanders lahir di Henryville, Indiana, Amerika pada 9 September 1890, dengan nama asli Harland David Sanders. Dia berasal dari keluarga sederhana, ayahnya adalah seorang petani, yang meninggal dunia ketika Sanders berusia 6 tahun.

Oleh karena itu, sang ibu, harus menjadi tulang punggung keluarga, dengan bekerja di pabrik pengalengan tomat. Ketika sang Ibu sedang bekerja, Sanders kecil harus mengurus saudara-saudaranya, melakukan pekerjaan rumah dan memasak untuk keluarga kecilnya itu. Dari sinilah bakat memasaknya itu muncul.

Pada usia 13 tahun, Sanders kecil memutuskan pergi dari rumah, karena tidak tahan dengan perlakuan ayah tirinya. Dia terpaksa putus sekolah, dan harus bersusah payah bekerja sebagai buruh tani.

Singkat cerita pada tahun 1906, dia pindah ke New Albany, tempat sang paman, dan diberikan pekerjaan sebagai kondektur kereta api. Tak berselang lama, demi bertahan hidup.. pada usia 15-16 tahun, Sanders nekad memalsukan identitasnya, untuk mendaftar di Angkatan darat Amerika, kemudian bertugas dalam misi militer ke wilayah Kuba.

Pada tahun 1907, pasca misi militer di Kuba, Sanders Kembali, untuk mencari pekerjaan baru, pekerjaan apapun diambil, asalkan mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sempat bekerja sebagai montir di sebuah bengkel, kemudian beralih menjadi petugas kebersihan kereta api, lalu beralih lagi menjadi petugas pemadam kebakaran.

Sifat Sanders yang keras membuatnya sering terlibat konflik pada saat bekerja, yang selalu berakhir dengan pemecatan. Merasa selalu gagal dalam pekerjaan, Sanders kemudian memilih mengambil pendidikan di bidang hukum, lalu bekerja sebagai pengacara. Nampaknya profesi itu juga tidak bersahabat.

Tak bertahan lama, reputasi bidang hukumnya, hancur tak bersisa, ketika terlibat cekcok dengan kliennya sendiri.

Cerita tentang Sanders berlanjut, ketika dia memutuskan untuk bekerja sebagai agen asuransi, namun sekali lagi, dia gagal, dan mencoba peruntungan sebagai agen keuangan.

Merasa bosan sebagai pekerja, Sanders memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi, untuk menjadi seorang pengusaha, sempat berhasil pada bisnis kapal ferri, dia kemudian gagal dan terpaksa bangkrut ketika merintis sebuah perusahaan lampu.

Singkat cerita, Sanders memutuskan untuk pindah ke Kota Kentucky,dan di sana dipercaya untuk mengelola sebuah bengkel.

Naas, kisah Sanders menjadi sangat menyedihkan, ketika pada tahun 1930, krisis keuangan yang melanda dunia, memaksa bengkel yang dikelola Sanders bangkrut.

Lagi-lagi, dia bertemu dengan sahabat karibnya, yaitu kegagalan. Beruntung di tahun tersebut, perusahaan Shell (atau perusahaan bahan bakar) menawarkan Sanders sebuah lahan untuk disewa secara gratis, dengan sedikit pembagian komisi.

Tanpa berfikir panjang, akhirnya dia sepakat mengelola semacam SPBU, dan sedikit demi sedikit kembali ke passion utamanya, yaitu memasak, dengan cara membangun sebuah restoran di kawasan SPBU tadi.

Kisah Inspiratif Pendiri KFC

Restoran inilah, yang menjadi cikal bakal berdirinya KFC. Bukan tanpa rintangan, pendirian restoran itu, diwarnai dengan persaingan bisnis yang sangat ketat.

Seorang pesaing bernama Sterawart, merasa tidak terima dengan banyaknya pengunjung SPBU dan restoran milik Sanders, mereka terlibat baku tembak, dan menewaskan seorang pegawai Sanders, sehingga Steawart dihukum bersalah dan masuk ke dalam penjara.

Akhirnya bisnis Sanders menjadi semakin laris, karena tidak memiliki pesaing lagi.

Pada tahun 1935, gubernur Kentucky saat itu, Mr. Rubby Laffon, memberikan gelar kehormatan, berlabel Kolonel karena kelezatan masakannya.

Kemudian pada tahun 1939, seorang influencer makanan, Mr Duncan Hines, menuliskan pengalaman baiknya ketika mencicipi ayam goreng Sanders ke dalam sebuah buku, sehingga restoran Sanders menjadi semakin terkenal.

Berlanjut ke tahun 1940, Sanders yang sudah tidak muda lagi, berhasil menyelesaikan resep rahasia restorannya, dengan menggunakan penggorengan ayam bertekanan, di mana proses memasak bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Pasca resep tersebut tercipta, ternyata tidak serta merta membuat Sanders sukses, melainkan dia harus gigit jari karena menutup restorannya, akibat kondisi yang tidak kondusif saat perang dunia ke-2.

Cerita Sanders berlanjut di tahun 1952, dia percaya diri untuk mewaralabakan resep rahasianya, kepada sebuah restoran bernama Harman Caffe, dan muncullah untuk pertama kali istilah Kentucky Fried Chicken.

Omzet restoran milik Harman naik drastis, dan resep KFC mulai dilirik oleh restoran-restoran lain, untuk diwaralabakan lagi. Namun kondisi ini ternyata tidak membuat Sanders gembira, karena keuntungan yang diterimanya terbilang sangat kecil, sehingga dia memutuskan untuk keluar dari kerjasama itu.

Pasca keluar, Sanders berusaha membangun bisnisnya secara mandiri, dengan menawarkan lagi waralaba olahan ayamnya, kepada restoran-restoran lainya.

Tetapi Sanders tidak seberuntung percobaan waralaba yang pertama, tercatat dia selalu ditolak ketika menawarkan resep olahan ayam gorengnya, dia mondar mandir, door to door, hanya untuk menawarkan resep rahasianya, yang diyakini sangat enak.

Dia terus berusaha, berkelana, mencari restoran demi restoran, pantang menyerah.. dan akhirnya pada percobaan ke 1009, olahan ayam goreng ala Sanders, berhasil diterima, bayangkan.. dia ditolak oleh 1008 restoran.

Pada akhirnya Sanders menuai kesuksesan besar, KFC diterima oleh kalangan masyarakat dan terus berkembang pesat di berbagai belahan dunia.

Kesuksesan yang didapatkan Sanders, adalah proses panjang, dari perjalanan hidupnya yang tidak mudah, dia tidak pernah gengsi berprofesi sebagai apapun, memiliki tekad kuat untuk mencapai cita-citanya, dan dia tidak pernah menyerah walaupun usianya tidak lagi muda saat merintis KFC.

Perjalanan Sanders yang sangat inspiratif ini, harus terhenti di usia 90 tahun, ketika dia terdiagnosis memiliki penyakit Leukimia akut, dan meninggal pada Desember 1980.

Sampai dengan hari ini, sosoknya sangat legendaris, masih selalu menjadi ikon utama dari KFC, resepnya pun banyak dinikmati, oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Demikilah kisah dari Kolonel Sanders, sang pendiri Kentucky Fried Chicken. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi kita semua.